Berantas Begal Jadi Target Kasat Reskrim Baru

Serah terima jabatan Kasat Reskrim Polresta Palembang.foto/deny

Palembang- Usai dilantik menjadi Kasat Reskrim Polresta Palembang yang baru, Kompol Yon Edi Wirana secara tegas berjanji menumpas semua kejahatan di Kota Palembang terutama begal sepeda motor.

“Semaksimal mungkin akan kita tumpas begal. Namun, saya tidak bisa berjanji banyak, hanya berjanji untuk terus bekerja,” katanya saat ditemui usai serah terima jabatan di Polresta Palembang, Senin (3/4) sore.

Mantan Kanit III Subdit III Ditreskrimum Polda Sumsel ini mengatakan​, butuh adaptasi cepat di Polresta Palembang baik itu dengan anggota maupun wilayah di Kota Palembang.

“Saya memerlukan adaptasi yang cepat. Kita perlu tahu keadaannya seperti apa, karena kalau hanya perang tanpa dibekali apapun itu sama saja percuma. Kita harus memikirkan perisiapan yang matang juga,” katanya.

Dikatakannya​, langkah-langkah efektif akan terus dilakukan peningkatan. “Memang antara kejadian dan tindak lanjut perlu ditingkatkan lagi, Karena untuk mengimbangi itu tidak gampang dan perlu bekerja ekstra,” ucapnya.

Ketika disinggung apakah akan membentuk tim baru. Yon mengatakan akan memaksimalkan tim yang sudah ada sebelumnya. “Tim yang sudah ada akan kita lanjutkan dulu, namun akan dievaluasi oleh pimpinan,” tambahnya.

Selain Kompol Yon Edi Winara, beberapa pejabat Polresta Palembang​ lainnya juga mengikuti upacara sertijab. Seperti, Kompol Andi Kumara yang semulanya menjabat Kabag Ops digantikan oleh Kompol Marully Pardede.

Selanjutnya, Kasat Sabhara Polresta Palembang yang semulanya dipegang oleh Kompol Rachmat Syawal Pakpahan digantikan oleh Kaur Gakkum Subbidprovos Polda Sumsel Kompol Dasril Effendi.

Untuk Kasat Narkoba Polresta Palembang Kompol Rudiansyah diambil alih oleh Kapolsek Sukarami Palembang Kompol Achmad Akbar. Rudiansyah menjadi Kanit I Subdit II Ditreskrimum Polda Sumsel.

Wakasat Reskrim Polresta Palembang AKP Dwi Satya Arian menjadi Kasatreskrim Polres Banyuasin menggantikan AKP Agus Sunandar.

Selain itu, pergantian juga dialami sejumlah Kapolsek. Seperti, Kapolsek SU I Palembang Kompol M Khalid Zulkarnaen menjabat sebagai Kapolsek Sukarami mengisi pos yang ditinggal Kompol Achmad Akbar.

Kapolsek IB II Palembang Kompol Mayestika menjadi Kapolsek SU I Palembang menggantikan Kompol M Khaldi Zulkarnaen.

Kapolsek Kalidoni Kompol Marully Rachmat Azwar bersama Kapolsek Gandus AKP Dedi Rahmat menjadi Pama RO SDM Polda Sumsel.

Posisi keduanya digantikan oleh Wakapolsek SU II AKP Yulia Faridah sebagai Kapolsek Kalidoni dan Polsek Lembak Polres Muara Enin AKP M Aidil Fitri menjadi Kapolsek Gandus.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono mengatakan dengan adanya penyegaran di jajaran Polresta Palembang dapat menimbulkan semangat baru anggota di lapangan.

“Semangat dalam memberantas kejahatan 3C (curas, curat, dan curanmor), narkoba dan juga PR untuk jabatan lain. Mutasi seperti ini hal yang biasa di tubuh Polri, setidaknya diikuti 9 pamen dan dua pama,” tutupnya.korankito.com/depe/drsd