21 Ton Tapioka Ilegal Disita

Barang bukti tapiokan yang berhasil disita Polda Sumsel.foto/wahyu

Palembang-Direkturat Reserse Khusus Polda Sumsel berhasil mengamankan puluhan ton bahan pangan ilegal. Barang bukti tersebut berupa 21 ton tepung tapioka, 1 ton bawang goreng, serta 10 ton minyak. Polisi juga mengamankan tersangka penjual tepung tapioka dan penjual bawang goreng. Sedangkan tersangka penjual minyak ilegal masih dalam pencarian.

Kapolda sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, ketiga macam barang tersebut merupakan bahan pangan yang tidak memiliki izin edar.

“Kalau bawang itu dia berasal dari Cina. Berdasarkan keterangan terperiksa sudah enam bulan, dan tepung dari Lampung pengakuannya lebih kurang sudah satu tahun beroperasi. Sedangkan minyak itu hasil ilegal taping,” kata Kapolda.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Irawan David Syah menambahkan kronologis penangkapan berawal adanya dari laporan masyarakat.

“Menindak lanjuti laporan tersebut, kita melakukan penyelidikan ke pasar terhadap tepung dan bawang. Kita menemukan barang bukti di gudang yang berada di wilayah Sukarami Palembang. Sementara untuk minyak kita menemukan di perairan Sungai Musi. Namun, untuk tersangka penjual minyak ituberinisial MD (DPO) masih dicari. Saya kira ini sudah berlangsung cukup lama,” jelasnya saat ungkap kasus di Mapolda Psumsel, Senin (3/4).

Menurut Irawan, barang bukti bawang diambil dari gudangnya di komplek pergudangan Indah, Kecamatan Sukarami. Sedangkan tepung tapioka juga di gudang yang berada di Jalan Pangeran Ayin, Kecamatan Talang Kelapa. Setelah dilakukan pemeriksaan bahan tersebut tidak mengandung zat-zat berbahaya.

“Bahan makanan memang mereka membeli. Tapi hanya saja tidak memiliki izin edar,”ujarnya.

Tersangka penjual tepung tapioka berinisial SGN dan penjual bawang berinisial EM masih dalam proses penyelidikan.

“Kedua tersangka terjerat pasal 142 jo 91 ayat 1 Undang Undang tahun 2012, memang ancaman hukuman tidak tinggi cuma 2 tahun, tapi dendanya Rp4 miliar rupiah,” katanya.korankito.com/rian/drsd