Bisa Dipercaya

Disdukcapil Empatlawang Siap Antisipasi KTP Ganda

Kadisdukcapil Empatlawang, Peterson Okki Bial. Foto/Rodi

Empatlawang -Mendekati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kerap ditemukan  Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda. Hal itu dilakukan untuk menambah suara salah satu calon, saat hajatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Namun untuk di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati hingga saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Empatlawang mengaku belum menemukan KTP Ganda.

Berita Sejenis

Dijambret, Mahasiswi Kehilangan Ponsel

Mangkir Latihan, Nasib Bio Diserahkan Kepelatih

‘Mandra’ Diciduk Polisi Saat Pulang Kerumah

1 daripada 3.095

“Permasalahan KTP ganda hingga saat ini belum ada di Kabupaten Empatlawang. Namun kedepan akan tetap kita antisipasi,” kata Kepala Disdukcapil Empatlawang, Peterson Okki Bial, Jumat (31/3).

Lebih lanjut dijelaskan Okki, pihaknya akan mengantisipasi adanya KTP ganda di Kabupaten Empatlawang. “Untuk mengantisipasi hal itu, nanti kita akan melakukan jemput bola. Melakukan perekaman data di setiap Kecamatan,” jelasnya.

Permasalahan KTP ganda itu, sebut Okki, tidak begitu mudah untuk dibuat. Sebab satu orang itu hanya memiliki satu NIK. Walaupun seseorang itu pindahan dari luar daerah, tentunya ada pengantar dari tempat sebelumnya.

“Jika pindah daerah, nantinya akan dicabut surat data kependudukan ditempat sebelumnya. Yang jelas satu orang itu hanya memiliki satu NIK. Insya Allah dengan adanya aplikasi pencatatan kependudukan ini tidak akan ada KTP Ganda, ” ujarnya.

Saat ini, lanjut Okki, 64 persen dari jumlah penduduk sudah melakukan perekaman. “Untuk sementara sebelum ada blangko, terlebih dahulu menggunakan surat pengantar,” tukasnya. korankito.com/rodi/fran