Pemprov Sumsel Serahkan Laporan Keuangan TA 2016

Wakil Gubernur Sumsel dan Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel dalam acara serah terima Laporan Keuangan Prov.Sumsel TA 2016.foto/hms

Palembang-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan secara resmi menyerahkan laporan keuangan Provinsi Sumsel tahun anggaran 2016 kepada BPK Perwakilan Provinsi Sumsel. Laporan keuangan yang diterima langsung kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumsel, Maman Abdulrachman di kantornya, Jum’at (31/3).

Selain laporan keuangan Provinsi Sumsel, dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan laporan keuangan daerah Kabupaten/Kota se-Sumsel, diserahkan langsung masing-masing kepala daerah.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki dalam sambutannya mengapresiasi pemerintah Kabupaten/Kota yang telah menyerahkan laporan keuangan masing-masing daerah sihingga dapat ditindak lanjuti dan mendapatkan petunjuk terkait laporan keuangan yang diserahkan.

Menurutnya, seluruh kepala daerah Kabupaten/Kota harus lebih hati-hati dan profesional dalam penyiapan laporan keuangan, dimana laporan keuangan harus sesuai standar akuntansi pemerintahan dan digunakan secara efektif, efisien, akuntabel.

“Harapan saya BPK Perwakilan Sumsel dapat terus memberikan pembinaan agar tata kelola pengelolaan keuangan daerah se-Sumatera Selatan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala BPK Perwakil Provinsi Sumsel, Maman Abdulrachman mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumsel dan Kabupaten/Kota di Sumsel atas penyerahan laporan keuangan ini.

Dalam masa kepemimpinannya ini, kata Maman, dirinya mengambil kebijakan bahwa siapa yang cepat, tepat, akuntable dan tepat sasaran laporan keuangannya akan lebih cepat juga penyerahan laporan hasil pemeriksaan.

“Sesuai Undang-Undang, hari ini adalah hari terakhir penyerahan laporan keuangan pemerintah daerah se-Sumsel ke BPK Perwakilan Sumsel, sampai siang ini masih ada yang belum menyerahkan yakni Kota Palembang, dan masih kita tunggu sampai nanti malam,” terangnya.

Setelah penyerahan laporan keuangan ini, minggu depan pihaknya akan segera mulai melakukan pemeriksaan selama satu bulan dan dalam dua bulan kedepan akan dilakukan penyerahan laporan hasil pemeriksaan rinci terhadap laporan keuangan masing-masing daerah. Lanjut Maman

“Pemeriksaan akan berlangsung satu bulan, jadi 31 Mei nanti terakhir kita serahkan laporan hasil pemeriksaan keuangan kepada pemerintah daerah masing-masing. Saya ingin Sumsel ini menjadi daerah yang tercepat dalam penyelesaian pemeriksaan laporan keuangan,” pungkasnya. (korankito.com/hms/***)