Dinkes PALI Bantu Bocah Pemilik Dua Kelamin

Reinaldo, bocah yang memiliki dua alat kelamin saat dikunjungi petugas Dinkes PALI.foto/imam

PALI- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI langsung mengambil langkah untuk membantu anak berumur 8 tahun yang bernama Reinaldo yang mempunyai dua alat kelamin.

Anak dari pasangan Idaliyah dan Arsadi yang tinggal di Desa Karang Tanding, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten PALI bakal difasilitasi Dinas Kesehatan PALI bila keluarganya ingin memeriksakannya ke rumah sakit.

Plt Kepala Dinkes PALI Lydwirawan, menjelaskan, setelah mendapat kabar kondisi Reinaldo, pihaknya melalui petugas Puskesmas setempat langsung meluncur ke kediaman bocah tersebut.

“Petugas Puskesmas sudah datang ke sana, dan telah memeriksa kondisi anak tersebut. Kami menyarankan kepada pihak keluarga apabila ingin mendapatkan tindakan medis lanjutan, agar datang ke Puskesmas. Kita juga siap fasilitasi, apabila anak tersebut ingin diberi tindakan operasi,” ujarnya, Jumat (31/03).

Dokter Eni Zetila, salah satu dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Talang Ubi, mengatakan, Reinaldo mengalami Ambigu Genitalia atau kondisi kelainan pada organ genitalia, dimana kelamin yang tampak tidak jelas, apakah laki-laki atau perempuan.

“Kasus ini harus diteliti lebih lanjut, apakah kelamin yang tampak di luar sesuai dengan organ yang didalamnya untuk laki-laki atau perempuan. Selain itu, perlu cek hormon ke dokter spesialis anak. Apakah hormonalnya dominan laki-laki atau perempuan. Selanjutnya harus dicek kromosom (genetiknya), laki-laki atau perempuan. Setelah itu dilalui baru kemungkinan tindak lanjut operasi dan sebagainya,” beber dr Eni.

Sebelumnya Reinaldo diketahui miliki dua alat kelamin secara tidak sengaja oleh tim pendamping PKH saat melakukan pendataan. Keseharian Reinaldo normal sebagaimana anak laki-laki lainnya, hanya saja alat kelaminnya kalau dilihat dari luar mirip alat kelamin perempuan, tetapi tidak memiliki lubang.
Ia memiliki alat kelamin laki-laki, tetapi ukurannya sangat kecil yang digunakan untuk buang air kecil.korankito.com/imam/drsd