Bisa Dipercaya

Palembang Siapkan Pol PP Pariwisata

Contoh pakaian dinas Pol PP Pariwisata Kota Palembang.foto/dhia

Palembang-Kepala Satpol PP Kota Palembang Alex Ferdinandus melalui Kepala Seksi Pengawalan dan Kesamaptaan Budi Norma, mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan me-launching Pol PP Pariwisata, pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 Pol PP.  “Rencananya akan kita launching pada tanggal 4 April 2017, bertepatan dengan upacara HUT Pol PP ke-54. Semuanya sudah kita siapkan,” ujarnya.

Budi menjelaskan, Pol PP Pariwisata ini menjawab pertanyaan Walikota Palembang Harnojoyo terkait wacana pembuatan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Pariwisata Kota Palembang. Pol PP Pariwisata tugasnya selain untuk menjaga keamanan wisatawan yang datang ke Palembang juga untuk mendukung Asian Games, mendatang

Berita Sejenis
1 daripada 2

“Sesuai dengan program Walikota, yakni menjadikan Palembang sebagai Kota Pariwisata. Kami dari Pol PP menyiapkan fasilitas keamanan yang nantinya akan berfungsi sebagai pemandu juga sebagai pusat obyek wisata yang ada di Palembang,” ungkapnya.

Budi menerangkan, mekanismenya nanti akan disiapkan 20 sampai 30 orang yang akan disebar di tempat-tempat wisata seperti Taman Purbakala Siguntang, Taman Wisata Punti Kayu, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Pulo Kemaro, dan Benteng Kuto Besak.

“Petugas yang akan ditempatkan adalah petugas yang cakap dan siap menjadi petugas informasi, terkait dengan pariwisata di Kota Palembang. Jadi petugas Pol PP Pariwisata ini berbeda dengan petugas pada umumnya terutama dari segi pakaian ada ciri khas tertentu, ” tuturnya.

Sebelumnya, pihaknya terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan Kesamaptaan yang diikuti oleh anggota Satpol PP Kota Palembang berlokasi di Asrama Haji. Pelatihan Kesamaptaan ini untuk meningkatkan kemampuan personel Sat Pol PP Kota Palembang, sehingga kedepan semua personil Satpol PP bertambah handal dan memumpuni.

“Ini menjawab apa yang diharapkan Walikota Palembang. Tidak lama lagi di tempat-tempat wisata akan ada petugas khusus yang siap membantu wisatawan,” tegasnya.korankito.com/amel/drsd