Bisa Dipercaya

Masyarakat Harus Dukung Program Sanitasi Layak

Warga Tanjung Enim saat mengikuti sosialisasi sanitasi berbasis masyarakat.foto/herman

Muaraenim-Realisasi program sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) yang dipelopori oleh Islamic Development Bank IDB melalui Dinas PUPR Muaraenim, dipastikan akan segera terwujud di kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul.

Program universal 100 sarana air bersih 0 pemukiman kumuh 100 sanitasi layak  atau dikenal dengan 100 -0–100, disosialisasikan di balai kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kamis (30/3).

“Program ini sangat bagus dan harus didukung masyarakat sebagai obyek produksi limbah rumah tangga dan dapat diakomodir dengan baik sehingga tidak menjadi keresahan di masyarakat,” jelas Lurah Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Dani Rapiko.

Dani berharap program ini didukung dengan penuh tanggung jawab demi lingkungan yang bersih dan sehat. “Jika sarana ini sudah dibangun agar dapat dijaga,” katanya.

Sementara itu tenaga ahli dari kabupaten Kabupaten Muaraenim Yusran Atnizar, didampingi tim fasilitator program Sanimas, mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi di tahap RW/RT.

Pihaknya juga meninjau di beberapa lokasi kemudian setelah berbagai tahapan dijalani baru akan ada satu pilihan titik lokasi untuk program ini.

”Mengenai sarana yang akan dibangun nantinya berupa ipal komunal yang dibuat sesuai standar kesehatan dengan ukuran 7×10 meter atau menyesuaikan dengan serapan akses masyarakat mencapai 50-100 rumah,” tegas Yusran.korankito.com/herman/drsd