Jelang UNBK, Siswa SMKN 3 Palembang Doa Bersama

Para siswa SMKN # Palembang saat menggelar doa bersama.foto/ejak

Palembang-Sebanyak 481 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palembang menggelar doa bersama menjelang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017.

Sesuai dengan agenda rutinnya, SMKN 3 Palembang memberikan pembekalan dan motivasi kepada siswanya melalui doa bersama dan mengundang motivator dengan tujuan mempersiapkan mental siswa dalam   mengikuti UNBK 3-6 April 2017.

Kepala SMKN 3 Palembang Hernawati menuturkan, total ada 481 peserta didik dari lima paket keahlian yaitu usaha perjalan wisata, akomodasi perhotelan, akuntansi, pemasaran, dan administrasi perkantoran.

“Kita targetkan 100 persen kelulusan, seperti tahun lalu yang juga semuanya lulus dengan hasil yang memuaskan,” tegasnya seusai renungan suci bersama siswa kelas XII di aula SMKN 3 Palembang di Jalan Sriwijaya Palembang, Kamis (30/3).

Dikatakannya, pihaknya juga telah mempersiapkan siswanya dengan pelajaran tambahan sejak semester lalu. Kemudian menggelar try out sebanyak tiga kali, pelatihan soal, dan simulasi UNBK juga sebanyak tiga kali.

“UN itu bukan momok yang menakutkan, setiap anak harus enjoy. Pemerintah juga sudah berusaha merancang UN ini agar tidak terlalu tegang dengan nilai yang tidak dipatok sebagai kelulusan mereka melainkan kebijakan dari sekolah. Selain itu, ada empat kriteria kelulusan yaitu mereka harus mengikuti semua mata pelajaran (mapel) yang ada, kehadiran minimal 90 persen, mengikuti ujian, nilai sikap dan kelakuannya minimal baik,” terangnya.

Hernawati menambahkan, pihaknya juga mempersiapkan anak didiknya untuk bisa langsung terjun ke dunia kerja bukan untuk kuliah. “Untuk SMK, kebanyakan setelah lulusnya mereka bekerja, sesuai tujuannya untuk mencetak alumni yang siap kerja. Kalau mereka memilih kuliah dulu, itu sedikit melenceng dari tujuan utama SMK yang sejatinya lulusannya menjadi seorang enterpreneur atau tenaga ahli,” pungkasnya.korankito.com/ejak/drsd