Sepatu Roda Panen Medali di Kejurnas

Kontingen Sumsel ketika berlaga di Kejurnas. Foto/ist

Palembang-Dua klub sepatu roda, Inov Palembang dan Sriwijaya Inline Skate (SIS) yang berada di bawah naungan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Indonesia (Porserosi) Sumatera Selatan, sukses besar di kejuaraan nasional antar klub se-Indonesia, 24-26 Maret di Bandung dan Bekasi.

Inov berhasil meraih 6 medali perak dan 5 perunggu di kelas pemula dan speed, sedangkan SIS menyabet 2 emas, 2 perak, 3 perunggu di kelas pemula dan 1 perak di kelas standar.

Ketua Porserosi Sumsel Ernila Rizar menyebutkan, pihaknya bangga atas pencapaian prestasi yang diraih dua klub sepatu roda kebanggan Sumsel tersebut. Diharapkannya, prestasi yang diraih atlet-atlet bisa membuat masyarakat termotivasi untuk mencintai olahraga sepatu roda.

“Sepatu roda Sumsel kini diperhitungan di tingkat nasional, terlebih setelah kepengurusan yang baru setiap kejurnas terus di suport, prestasi yang diraih oleh atlet-atlet merupakan kontribusi untuk mengharumkan nama Sumsel, ini yang harus dipertahankan,” jelas Ernila, Senin (27/3).

Wanita yang juga sebagai Plt Kadis Perindustrian Sumsel ini menambahkan, sepatu roda di tahun 2017 masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di pekan olahraga provinsi (Porprov).

Pertama kalinya diikutsertakan, terbukti animo masyarakat untuk mencintai sepatu roda kian tumbuh serta terbentuknya pengurus-pengurus di kabupaten dan kota se-Sumsel.

“Kepada klub sepatu roda agar terus membina dan mencari bibit atlet potensial untuk mendulang medali pada tingkat nasional, apalagi kita bangga kemarin dua atltet muda kita ikut seleksi Asian Games meski tidak terpilih, kepada atlet yang sudah mendapat medali untuk meningkatkan latihan, begitu juga yang baru tergabung harus berlatih agar bisa ikut dalam porprov nanti,” ungkapnya.

Ketua klub sepatu roda Inov Palembang, Yudi Devera menjelaskan, dalam ajang kejurnas profesional diterjunkan 11 atlet yang turun di kelas standar dan speed yang juga diikuti atlet nasional Diki dan Yuli. Meski tidak mendapat medali emas, pelajaran pada even kejurnas sebagai persiapan menghadapi porprov mendatang.

“Klub Inov ini merupakan naungan Sumsel dan Porserosi Palembang, melihat hasil yang dicapai kemungkinan Palembang akan menjadi juara umum cabor sepatu roda pada porprov nanti,” ungkapnya.

Sementara, ketua klub sepatu roda SIS, Marwan mengatakan, kejurnas yang diikuti untuk melihat kemampun seluruh atlet selama menjalani latihan, meski turun di kelas B atau pemula dan standar. 23 atlet yang diturunkan setidaknya meraih medali sesuai target yang dicanangkan.

“Sumsel patut berbanga, karena kejuaraan ini diikuti seluruh provinsi kita bisa meraih medali, ada 800 peserta yang menjadi pesaing berat, apalagi kita menurunkan atlet andalan diantaranya Wawa, Bagus dan Fanny,” pungkasnya. (korankito.com/resh/fran)