Perayaan Nyepi di Banyuasin Berlangsung Aman

Umat Hindu saat mengarak ogoh-ogoh.foto/waluyo

Banyuasin- Anggota  Polres Banyuasin mengawal dan mengamankan perayaan hari raya Nyepi umat Hindu, Selasa (28/3). Perayaan Nyepi telah dilakukan sejak Senin (27/3), dimulai pukul 12.00 bertempat di Pura Mertasari, Desa Cinta Manis Baru Kecamatan  Air Kumbang,  Banyuasin.

kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 200 umat Hindu dan upacara dipimpin oleh Mangku Muktiana (benggala upacara) dalam rangka menyambut hari raya Nyepi 2017 (Saka 1938).

Pengaman juga dilakukan jajaran Polsek Makarti Jaya di Pure Candra Sidhi Kelurahan Makarti Jaya. Di Kecamatan Makarti Jaya telah dilaksanakan kegiatan karnaval atau  pawai Ogoh-ogoh. Acara diawali sambutan dari Gede Suyasa Saputra selaku Ketua Adat Desa Makarti Jaya.

“Tujuan dari karnaval/pawai Ogoh-ogoh untuk meningkatkan seni dan budaya agar tetap kekal sampai anak dan cucu umat Hindu. Karnaval ogoh-ogoh dimulai dari Pure Candra Sidhi Makarti Jaya dan berakhir di Pure Candra Sidhi setelah berjalan kaki lebih kurang 3 kilometer dan dihadiri sekitar 300 orang,”  jelasnya.

Kegiatan diakhiri dengan upacara pengerupukan Ogoh-ogoh yang dipimpin oleh pemangku umat Hindu Desa Makrti Jaya Mangku I Ketut Sugindra. Pelaksanaan perayaan Nyepi dari awal hingga akhir dalam keadaan aman dan terkendali.korankito.com/waluyo/drsd