Bisa Dipercaya

Tembok Penahan Tebing Sungai Terancam Roboh

Pembangunan tembok penahan sungai dihentikan sementara.foto.heri

Muba-Proyek pembangunan penahan tebing Sungai Musi di Dusun I, Desa Bailangu Timur,  Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba, yang baru saja dikerjakan terancam roboh .

Berdasarkan pantauan Koran Kito, pada Minggu (26/03), di jalan lintas tengah tepatnya Desa Bailangu Timur ada proyek pembangunan penahan  tebing Sungai  Musi yang baru selesai  dikerjakan akhir 2016, senilai Rp41.
459.000.000, dari dana APBN. Namun sepertinya kondisi tembok tidak maksimal pengerjaannya. Tembok masih ada yang retak-retak, bahkan ada yang belum dicor akibat ada yang roboh.

Menanggapi hal ini, Cik Kawairus, politisi Partai Nasdem
di DPRD Muba, mengatakan, pembangunan tembok penahan tebing  Site Faill, gagal konstruksi, karena konstruksi tidak mampu menahan beban, kedalaman konstruksi banyak mengandung pasir. “Jadi dibangun juga
tidak akan bertahan lama, sebaiknya pengalihan ruas jalan, jangan
diteruskan,” ujarnya.

Sedangkan Marbudi, Kepala Desa Bailangu Timur saat dikonfirmasi
mengatakan, pekerjaan proyek sudah selesai, namun masih dalam  proses
pemeliharan. Karena kondisi air masih dalam, untuk sementara pekerjaan
dihentikan.

Diakui Marbudi, sebulan yang lalu dari DPRD Provinsi pernah
mengecek kondisi pembangunan proyek penahan tebing ini, dan menyarankan agar jangan pembangunan ini dialihkan untuk
ruas jalan baru.

Sementara itu, Hermanto, anggota lembaga swadaya masyarakat Forum Rakyat Reformasi( F2R) Muba ,  menyayangkan sudah beberapakali pembangunan dilakukan di tempat yang sama, namun tidak ada yang maksimal. “Melalui APBD Muba pernah dibangun tapi roboh. Pada 2015 pernah dibangun, tapi baru berapa bulan sudah roboh, proyek dihentikan. Tahun 2016 dianggarkan lagi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktoral Jendral Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai VIII.  Proyek ini terkesan hanya menghamburkan uang negara, sementara perencanaan kontruksi tidak maksimal,” katanya.korankito.com/heri/drsd