Pelatih Anyar SFC Eks Pelatih Fisik Madura United

Osvaldo Lessa ketika menangani Persipura. Foto/Liputan6

Palembang-Pascamemutus kontrak Widodo C Putro sebagai pelatih kepala, manajemen Sriwijaya FC akhirnya mendaulat Osvaldo Lessa untuk menggantikan posisi tersebut. Berdasarkan rekam jejak, rupanya Osvaldo belum pernah menangani tim secara keseluruhan sebagai pelatih kepala. Osvaldo juga bisa dibilang sebagai pelatih yang minim prestasi, jika dibandingkan dengan Sriwijaya FC yang pernah meraih treble winners di dunia persepakbolaan Indonesia.

Kepastian Osvaldo sebagai pelatih kepala Laskar Wong Kito dinyatakan oleh Presiden SFC lewat dunia maya. “Setelah melalui berbagai pertimbangan, maka jajaran manajemen SFC memutuskan untuk merekrut Osvaldo Lessa sebagai pelatih kepala SFC untuk 1 musim ke depan,” ucap Presiden Klub Sriwijaya FC Dodi Reza Alex melalui akun media sosialnya, Minggu (26/3).

Pria berdarah Brasil ini mengawali kariernya sebagai pelatih fisik di tim Al Tai, Arab Saudi periode 2007 – 2008. Kemudian hijrah ke Indonesia, tepatnya di Persipura pada 2009 silam mendampingi headcoach Jacksen F Thiago.

Pada musim 2015 sempat menjadi suksesor Jacksen, namun  kompetisi 2016, Osvaldo mundur dari kursinya lantaran Persipura mengalami kekalahan beruntun pada penyisihan Grup B Bhayangkara Cup 2016. Tim berjuluk Mutiara Hitam ini hanya mampu mengoleksi tiga poin dari empat laga.

Kemudian ia pun hijrah ke Madura United untuk melamar menjadi pelatih fisik. Sebelum Piala Presiden 2017 bergulir, ia kembali meninggalkan posisinya di Laskar Sappeh Kerab untuk menerima pinangan Persiba Balikpapan menjadi headcoach. Secara mengejutkan, ia kini mengisi posisi pelatih kepala Sriwijaya FC.

Keputusan manajemen Sriwijaya FC sangat berisiko lantaran berani mengambil eks-pelatih fisik. Osvaldo pun belum memiliki prestasi berarti meski sudah cukup punya pengalaman di Liga Indonesia. Pilihan ini diambil oleh manajemen karena memiliki pertimbangan lain, yakni kedekatan Osvaldo dengan beberapa pemain Sriwijaya FC.

“Namun yang terpenting sosok pelatih baru ini mampu bersepakat dengan manajemen SFC mengenai target yang akan diusung untuk kompetisi nantinya. Sejauh ini kami tidak merubah target juara dan akan bekerja keras bersama-sama untuk mewujudkannya,” jelas Dodi. (korankito.com/resh/frns)