Jaring Warga Ikur Keluarga Berencana Lewat UPPKS

KELUARGA BERENCANA : Pemkab PALI jaring warga ikut keluarga berencana lewat UPPKS, Ahad (26/3). Foto/Imam

PALI – Memantapkan keikutsertaan masyarakat dalam keluarga berencana (KB), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus mensosialisasikan, membentuk dan membina kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS).

“Kami telah bentuk dan akan membina dimasing-masing desa dan kelurahan kelompok UPPKS untuk menunjang perekonomian keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat,” ungkap Kepala DPPKBPPPA PALI Yenni Nopriani, Ahad (26/3).

Menurutnya, dalam kelompok itu akan memberi peluang bagi setiap keluarga untuk belajar berusaha, mengelola modal, bermitra usaha, berorganisasi, mempelajari teknis produksi dan belajar menganalisis pasar. “Alhamdulillah sejauh ini telah banyak kerajinan yang dihasilkan kelompok UPPKS yang berhasil dari potensi daerahnya masing-masing. Seperti kerajinan keranjang dari bambu serta berbagai macam kuliner khas PALI,” jelasnya.

Dengan terbentuknya kelompok UPPKS di desa, tambah Yenni, tentu akan sangat berpengaruh positif terhadap pemberdayaan ekonomi keluarga. “Harapan kita semua kedepan dengan sudah terbentuknya kelompok UPPKS, ekonomi keluarga bisa meningkat serta mewujudkan PALI Cemerlang juga PALI sejahtera bisa tercapai,” harapnya. Korankito.com/imam/syym.