Penumpang Angkot Jangan Buang Sampah Sembarangan

Walikota Harnojoyo saat menempelkan stiker sosialisasi kebersihan di dalam angkot/foto/hms

Palembang-Anguktan kota (angkot) jurusan sayangan-lemabang yang lewat di Jalan Slamet Riyadi, depan kantor PU PR Kota Palembang, tiba-tiba dihentikan oleh Walikota Palembang H Harnojoyo, pada Jumat (24/3).

Setelah angkot berhenti, Harnojoyo meminta izin kepada sopir angkot untuk menempelkan stiker di pintu angkot tersebut. Stiker bertuliskan ‘Buanglah Sampah Pada Tempatnya’, ditempel satu per satu.  Tidak hanya itu Harnojoyo juga membagikan kotak sampah kepada para sopir angkot untuk ditempatkan di dalam angkot.

Harnojoyo mengungkapkan, kegiatan ini merupakan upaya sekaligus kampanye Pemerintah Kota Palembang dalam mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan khususnya kepada para pengguna angkutan umum.

“Selama ini banyak penumpang angkutan umum yang sering membuang sampah sembarangan bahkan membuangnya di jalan, dengan ditempelkannya stiker ini dan disediakan kotak sampah di dalam angkot diharapkan para penumpang maupun sopir tidak lagi buang sampah sembarangan apalagi membuangnya di jalanan,” kata Harnojoyo.

Aksi Walikota ini mendapat tanggapan positif dari sopir angkot maupun penumpang. Salah satunya diungkapkan Yadi (37), sopir angkot jurusan Sayangan. Menurutnya, aksi Walikota ini sangat positif, bisa memberikan kesadaran masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan.

“Bagus nian apo yang dilakukan Pak Wali ini, selamo ini memang sering penumpang buang sampah sembarangan di jalan atau di dalam angkot kami. Dengan aksi ini jalanan biso bersih dan angkot kami jugo jadi bersih,  terimakasih Pak Walikota, kami sopir angkot siap mendukung program kebersihan Walikota,” ujarnya.korankito.com/hms/yuni/drsd