Tepergok Curi Buah Sawit, Indra Meringkuk di Sel

Tersangka pencuri sawit diamankan anggota Polsek Mariana.foto/depe

Palembang-Indra Oktariansyah (28), warga Desa Perajen, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, harus berurusan dengan anggota Polsek Mariana, Banyuasin. Ia tepergok sedang mencuri buah kelapa sawit milik PT RSA bersama ketiga temannya, OT, LK, dan YB, yang kini menjadi buronan anggota Unit Reskrim Polsek Mariana Banyuasin.

Kapolsek Mariana AKP Nazirudin mengatakan, tertangkapnya pelaku berawal dari petugas keamanan PT RSA yang mendapati buah sawit di perkebunan yang dijaganya sudah dipetik, Minggu (19/3) petang.

Melihat hal tersebut, lantas petugas keamanan itu mencari tahu siapa yang telah mencuri buah kelapa sawit tersebut. Kemudian, ia melihat keempat pelaku sedang memindahkan buah curian itu dari dalam saluran air ke jalan.

“Mengetahui adanya pencurian, dia langsung menghubungi kita,” jelasnya didampingi Kanit Reskrim Polsek Mariana Iptu Apriyadi saat gelar perkara di Mapolsek Mariana, Kamis (23/3) sore.

Mengetahui kedatangan polisi, kata Kapolsek, tiga pelaku berhasil melarikan diri. Namun, tersangka Indra berhasil ditangkap dan digelandang ke Polsek Mariana Banyuasin untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Waktu itu, hari sudah mulai gelap tiga pelaku berhasil melarikan diri ke semak-semak yang berada di sana. Sedangkan IO berhasil kita amankan ke Polsek,” tambah Nazirudin.

Atas ulahnya, pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan tujuh tahun penjara. “Dari tangan pelaku kita amankan dua unit sepeda motor milik pelaku, 30 tandan kelapa sawit curian. Saat ini kita akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku yang buron,” ujarnya.

Sementara itu, Indra mengakui perbuatannya. “Baru sekali ini, saya hanya diajak oleh teman. Waktu ditangkap, saya hanya di atas motor tidak ikut mengangkat buah kelapa sawit itu,” elaknya. korankito.com/depe/drsd