Paparkan Pembangunan Sumsel, Gubernur Alex Pukau Mahasiswa Lampung

 

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memaparkan prioritas pembangunan Sumsel di depan mahasiswa Itera, Lampung.foto/hms

LampungGubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin memaparkan kemajuan pembangunan Provinsi Sumsel di hadapan ratusan mahasiswa saat menjadi nara sumber di Studium Generale Aula Institute Teknologi Sumatera (Itera), Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (23/03).

Pada kesempatan ini, Gubernur Alex Noerdin memaparkan banyak hal, salah satunya prioritas utama pembangunan di Sumsel yaitu bidang kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja.

“Di bidang kesehatan telah melaksanakan program berobat gratis sejak tahun 2008, bahkan saat menjadi Bupati Musi Banyuasin program berobat gratis ini sudah ada sejak tahun 2002,” ungkapnya.

Sedangkan di bidang pendidikan, kata Alex Noerdin, Sumsel memiliki program sekolah gratis. Bahkan saat ini berlanjut hingga kuliah gratis. Menurutnya, saat ini ada 60 program studi di tiga Perguruan Tinggi Negeri yang siap menerima mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kuliah gratis yakni Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Sriwijaya, dan Universitas Islam Negeri (UIN), Raden Fatah Palembang.

Gubernur Alex menambahkan, pihaknya juga mengenalkan Sumsel melalui budaya dan event olahraga. Sumsel telah menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games Dan Asean University Games. Selain itu potensi sumberdaya alam Sumsel juga sangat banyak, karet, kelapa sawit, minyak bumi,  batubara, gas methane dan sebagainya. Sumsel juga mempunyai Jakabaring Sport City, Komplek Sarana olahraga yang terintegrasi.

“Sumsel siap melaksanakan perhelatan akbar pesta olahraga bangsa-bangsa Asia, Asian Games ke-18 2018 bersama Jakarta. Dengan adanya Asian Games Sumsel mendapatkan pembangunan jalan tol, jembatan dan juga LRT. Sebenarnya, Sumsel sudah layak menjadi Provinsi nomor 1 di Indonesia, tapi kita masih terbentur pada infrastruktur yang masih kurang.” ujar Alex.

Pada kesempatan ini, Gubernur Alex Noerdin juga berpesan kepada para mahasiswa agar belajar sungguh-sungguh dan menyelesaikan kuliah tepat waktu. “Khusus mahasiswa dari Sumsel saya berpesan jangan memalukan daerah asal juga kepada seluruh mahasiswa, Anda sangat beruntung bisa kuliah di Itera ini, perguruan Tinggi Negeri,” imbuh Gubernur.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Mitra Djamal, dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang berkenan menjadi nara sumber pada kuliah umum .

“Mahasiswa dari Sumsel menduduki peringkat kedua terbanyak setelah Lampung. Ada 139 mahasiswa asal Sumsel di Itera ini. Diharapkan para mahasiswa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan terinspirasi dengan kehadiran dan paparan Gubernur Sumsel. Mahasiswa diharapkan akan lebih semangat lagi dalam belajar,” ujarnya.korankito.com/drsd/hms