Kapolresta Palembang Dites Urine

Petugas dari Mabes Polri dan Polda Sumsel saat melakukan tes urine terhadap para pejabat Polresta palembang dan jajaran.foto/depe

Palembang-Ratusan personel Polresta Palembang mengikuti tes urine secara mendadak yang digelar oleh Mabes Polri bersama Polda Sumsel di Mapolresta Palembang, Kamis (23/3) sekitar pukul 09.00.

Berdasarkan pantauan Koran Kito di lapangan, tes urine itu dimulai dari Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono dan Wakapolresta AKBP Iskandar F Suntikna. Kemudian diikuti oleh seluruh Kapolsek se-Kota Palembang, jajaran Kasat, Kanit, dan anggota kepolisian Polresta Palembang lainya.

Ironisnya, seorang satuan anggota Sabhara Polresta Palembang mencoba menghindari razia tersebut. Sehingga, ia harus dijemput oleh empat anggota Propam Polresta Palembang di ruang kerjanya.

“Hasilnya belum keluar, masih dilakukan pendalaman oleh Kabid Dokes,” jelas Kapolresta saat dibincangi usai tes urine di lobi Mapolresta Palembang.

Hanya saja, ia mengatakan berdasarkan laporan diterima tidak ada anggota yang terindikasi terlalu jauh menyalahgunakan narkoba.

“Kita masih menunggu hasil dari pihak berwenang, cuma kalau dilihat laporannya. Alhamdulillah, semua anggota tidak ada terindikasi terlalu jauh, namu kita masih menunggu hasil sebenarnya,” kata Wahyu.

Dikatakannya, test urine ini dilakukan agar pihaknya membenahi diri dalam penanggulangan narkoba. Jangan sampai, nantinya polisi yang selalu menegakkan hukum dan memberantas narkoba justru terlibat.

“Ini upaya kita dalam membenahi diri dari hal penanggulangan narkoba. Jangan sampai ada anggota yang selaku penegak hukum memberantas narkoba dikhawatirkan menjadi pengguna. Dan, ini mencegah jangan sampai anggota bermain dengan narkoba,” ucapnya.

Mantan Wadir Narkoba Polda Metro Jaya ini mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sanksi tegas bagi anggotanya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Sanksi akan kita sesuaikan dengan derajat kesalahannya. Tetapi, yang jelasnya dari hasil penggeledahan tidak ditemukan anggota yang membawa barang bukti narkoba. Kita sudah periksa dan digeledah,” tuturnya.

Ketika disinggung adanya anggota yang menghindar. Ia enggan berkomentar banyak. “Pastinya akan kita cek hasil tim dari Mabes Polri. Kalau sekarang masih menunggu,” ujarnya. korankito.com/depe/drsd