Bisa Dipercaya

Imigrasi Deportasi 20 Warga Negara Asing

 

Kepala Imigrasi Muaraenim Telmazul Syatri

Lubuklinggau-Kantor Imigrasi Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan memulangkan, 20 Warga Negara Asing (WNA) ke negaranya masing-masing. ‎Sementara itu, untuk wilayah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas hingga kini tercatat ada 17 orang WNA yang izin tinggal.

Berita Sejenis

“WNA yang dideportasi di wilayah Kabupaten Muaraenim dan Lahat. Mereka tidak dikehendaki keberadaannya, jadi dideportasi,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Muaraenim Telmaizul Syatri.‎

Jumlah WNA dideportasi sekitar tiga bulan belakangan ini jumlahnya lebih banyak dibanding tahun 2017 lalu ‎yang hanya 7 orang. “Sebagian dari mereka melebihi izin tinggalnya dan sebagian lagi tidak sesuai visanya,” tegasnya.

‎Telmaizul mengatakan, pengawasan terhadap WNA yang dilakukan pihaknya selama ini dengan pola terbuka dan t‎ertutup. Para WNA diawasi secara administratif dan lapangan. Mulai mereka masuk sampai berangkat lagi ke negaranya.

“Kalau di lapangan pengawasan secara tertutup dengan pola intelejen dengan bermacam undercover. Nah kalau terbuka dengan pakai pakain dinas, baik secara mandiri atau gabungan,” bebernya.

Lebih jauh Telmaizul mengungkapkan, di wilayah Kota Lubuklinggau terdapat 9 orang WNA yang izin tinggal sedangkan 8 orang lagi berada di wilayah Kabupaten Musirawas. ‎

“Untuk di wilayah Kabupaten Musirawas Utara tidak ada. Mereka yang izin tinggal merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan perkebunan dan pertambangan,” terangnya.

Berdasarkan data di Kantor Imigrasi Muaraenim, para WNA yang tinggal di wilayah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas berkebangsaan Malaysia, Cina, dan Amerika. Dimana 4 orang WNA bekerja di PT Gunung Sawit Selatan Lestari, 2 orang di PT Dapo Agro Makmur, 1 orang di PT Surya Agro Persada, 3 orang di PT Warga Agung Selatan dan 6 orang di PT Henan.

“Satu orang lagi izin tinggal ikut istri di Lubuklinggau yang merupakan warga kebangsaan Amerika,” pungkasnya.korankito.com/Dhia/drsd