Hari Ini, Hasil Seleksi Siswa Baru SMA/K Jalur PMPA Diumumkan

Kadiknas Sumsel Widodo

Palembang-Pengumuman seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/K) melalui jalur penelusuran minat dan prestasi akademik (PMPA) sudah bisa dilihat di website sekolah tujuan masing-masing, hari ini Kamis (23/3).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo melalui Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik SMA Disdik Sumsel Meilia Rosani kepada Koran Kito di ruang kerjanya, Kamis (23/03).

 

Menurutnya, tidak ada perbedaan skema seleksi PPDB yang signifikan pascaperalihan kepengurusan SMA/K ke provinsi. Jadwal PPDB melalui jalur PMPA memang lebih cepat dari tes ujian mandiri, dengan penilaian dari nilai rapor di empat mata pelajaran (mapel) yang diujiannasionalkan.

 

“Pendaftaran PPDB melalui PMPA sudah dimulai sejak 6 Maret lalu, dan hari ini Kamis (23/03), hasilnya sudah bisa dilihat melalui website sekolah yang dituju. Penilaiannya sendiri dilihat dari nilai rapor pada mapel yang di-UN- kan, dan tentu saja mereka harus memiliki piagam penghargaan lainnya baik di bidang akademik maupun non-akademik sebagai nilai tambah,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Palembang Nasrul Bani mengaku, petunjuk teknis mengenai seleksi PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Pendaftaran PPDB dimulai sejak 6-11 Maret lalu, dilanjutkan pada pendataan pada 17-21 Maret dan diumumkan pada 23 Maret.

 

“Pengumpulan berkasnya sendiri dilakukan  secara kolektif oleh pihak sekolah, dimana yang dikirimkan hanya siswa yang selalu menduduki peringkat 1-5 di kelas dengan potensi akademik dan non-akademik yang baik di sekolahnya. Pengumumannya akan kami tayangkan melalui website sekolah dan melalui pemanggilan langsung kepada siswa tersebut,” tambahnya.

 

Terpisah, Plt Kepala SMKN 2 Palembang Zulkarnaen menambahkan, kuota PMPA tahun ini tetap sama seperti sebelumnya yakni 10 persen dari total kuota penerimaan. Kuota di sekolahnya berjumlah 1080 jadi yang diterima melalui jalur tersebut berjumlah 108 siswa baru. Diakuinya, ada 58 SMP/sederajat negeri dan swasta yang mendaftar dengan total 226 berkas siswa.

 

“Dari 226 berkas kita sudah seleksi menjadi 200 berkas, nanti dari 200 nama tersebut diumumkan lagi hari ini. Kemudian akan ada tes akademik dan peminatan jurusan pada 24 Maret. Terakhir ada tes fisik pada 25 Maret,” akunya.korankito.com/ejak/drsd