SOKCN Buka Pendaftaran Siswa

Para siswa Sekolah Olahraga Khusus Catur Negeri.foto/resha

Palembang-Sekolah Olahraga Khusus Catur Negeri (SOKCN) Sumsel membuka pendaftaran siswa tahun ajaran baru April mendatang. Ini merupakan kali pertama SOKCN membuka pendaftaran bagi siswa SMP dan SMA yang ingin menimba ilmu sejak berubah menjadi sekolah negeri.

Sekolah yang awalnya bernama Akademi Catur Sumsel ini akan menerima utusan dari 17 kabupaten/kota di wilayah Sumsel untuk diseleksi. “Kita menerima sebanyak-banyaknya dari utusan per kabupaten/kota,” ujar Direktur SOKCN Mursili Tjik Aman, Rabu (22/3).

Kriteria umum calon siswa dari kelas lima SD hingga kelas satu SMA. Selain itu juga mengantongi surat dari Bupati atau Walikota daerahnya untuk diseleksi.

“Melihat tahun kemarin, dari 75 orang yang diseleksi ada 19 orang yang berhasil. Mereka kebanyakan terganjal di masalah IQ dan memori,” bebernya.

Sebab, kriteria khusus untuk seleksi nanti ialah mereka harus lulus dengan IQ minimal 120 dan kemampuan memori 80 persen. Persyaratan tersebut ketat mengingat sistem pembelajaran mereka yang juga cukup baik sebagai satu-satunya sekolah catur yang ada di Indonesia.

Para siswa diasramakan dan pagi harinya mereka menimba pelajaran sekolah seperti umumnya. Dan di siang harinya, mereka menerima pelajaran tentang catur hingga sore hari.

Untuk menjaring bibit unggul tadi, Mursili mengatakan, telah membentuk tim seleksi agar mereka dapat menyeleksi calon siswa tadi dengan baik. Tim tersebut terdiri dari perwakilan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumsel, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel.

“Pendaftaran dibuka sekitaran bulan April. Untuk tesnya sendiri, sebelum puasa target kita selesai,” pungkasnya.korankito.com/resha/drsd