Eliza Harapkan IRT Multifungsi

Ketua TP PKK Sumsel Hj Elliza Alex Noerdin dalam Pelatihan Kader Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga bagi ketua PKK Kecamatan se-Sumatera Selatan. Kegiatan pelatihan diadakan Pada hari Senin (20/2) di gedung Rajawali, Palembang.

Palembang-Tim Penggerak (TP) PKK Sumsel menyelenggarakan program Pelatihan Kader Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga bagi ketua PKK Kecamatan se-Sumatera Selatan. Kegiatan pelatihan diadakan Pada hari Senin (20/2) di gedung Rajawali, Palembang.

 

TP-PKK Sumsel sebagai mitra pemerintah punya peran penting dalam membantu menjalankan program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

Rumah merupakan tempat keluarga berkumpul dan menetap, karena itu penting sekali rumah harus selalu nyaman, bersih dan aman. Dimulai dari rumah dan lingkungan keluarga jugalah akan terbentuk karakter dan kepribadian seseorang.

Menurut Ketua TP. PKK Sumsel Hj Elliza Alex membuat rumah yang sehat, nyaman dan indah adalah sebuah seni yang dapat dipelajari oleh semua orang,

“Sebagai ibu rumah tangga, kita harus punya sentuhan seni untuk bisa mengatur tata laksana rumah tangga yang sehat, nyaman dan aman,” jelasnya di depan para peserta pelatihan

Eliza juga menjelaskan bahwa istilah Home sweet home atau rumahku adalah istanaku bisa diciptakan oleh para ibu,  rumah yang sehat akan membangun manusia yang sehat dan kuat, membentuk kepribadian yang baik, serta memupuk kasih sayang sesama anggota keluarga. Sebagai kader PKK kita harus bisa mengatur rumah tangga agar mampu menciptakan harmonisasi kehidupan keluarga.

Istri Alex Noerdin ini juga menuturkan bahwa  rumah sehat bukanlah rumah yang  mewah tapi memenuhi syarat rumah yang baik dan layak huni ” rumah sebagai bangunan tempat berlindung dan beristirahat,  serta sebagai sarana pembinaan keluarga yang menumbuhkan kehidupan sehat secara fisik, mental dan sosial, sehingga seluruh anggota keluarga dapat bekerja secara produktif. “keberadaan perumahan yang sehat, aman, serasi, teratur sangat diperlukan agar fungsi dan kegunaan rumah dapat terpenuhi dengan baik,” katanya.

Fien Poerwadi sebagai ketua pokja III TP. PKK Sumsel mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader PKK khususnya di bidang perumahan agar mampu menyebarluaskan ke masyarakat di wilayah masing-masing dan juga meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para kader PKK khususnya tentang etika makan dalam pergaulan sosial.

Pelatihan berlangsung selama dua, materi pelatihan diisi oleh Dian Anggraini pakar arsitek dari Ikatan Arpsitek Indonesia serta guru tata boga dari SMKN 6 Palembang, dra, Listari dan Delfamita. Pelatihan tidak hanya diisi dengan teori tapi juga praktek. (korankito.com/hms/***)