Obat Alami Radang Tenggorokan

Ilustrasi/metodesehat.com

Cuaca yang ekstrem belakangan ini, ditambah lagi pola makan kita yang kurang baik, dapat mengakibatkan kita rentan  terkena sakit tenggorokan.

 

Nah untuk menanggulangi sakit tenggotokan ringan yang cukup mengganggu aktivitas kita sehari hari.

Berikut kami mencoba merangkum dari berbagai sumber tentang obat tradisional untuk radang tenggorokan ini.

 

Beberapa alternatif obat tradisional dibawah ini tergolong relatif aman, dan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan umumnya ada di rumah.

 

Dalam penggunaannya pun ditujukan untuk radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh virus dan lainnya, kecuali radang yang disebabkan oleh bakteri, terkhusus bakteri Streptococcus karena harus menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, mengingat bahaya komplikasinya.

 

1.Berkumur air garam. Beberapa studi membuktikan berkumur air asin hangat (air putih+garam) beberapa kali dalam sehari dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, membuang dahak, iritan, dan bakteri.

 

2.Minum Teh. Segelas teh hangat dapat dengan cepat meredakan rasa tak nyaman karena radang tenggorokan.

 

Teh dipercaya mengandung banyak antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melawan infeksi. Teh tersebut boleh dicampur dengan lemon dan madu. Kesemuanya juga bagus untuk mengobati radang tenggorokan.

 

3.Sup Ayam. Sup ayam sepertinya makanan biasa, namun sup ayam ternyata memiliki manfaat membantu menenangkan radang tenggorokan, karena kaldu dalam sup ayam mengandung natrium yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan. Selain itu, kita ketahui bersama bahwa ketika radang tenggorokan melanda maka ada rasa sakit saat menelan makanan oleh karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan mudah ditelan tanpa memperparah radang, sehingga asupan nutrisi pun bisa tercukupi yang membuat daya tahan tubuh menjadi kuat untuk melawan infeksi tadang tenggorokan.

 

4.Madu. Madu terbukti memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Juga, karena konsistensi madu, sangat menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit bronkial. Madu telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang terdahulu. Jadi madu untuk radang tenggorokan bukanlah konsep baru.

 

Campurkan satu sendok makan madu dalam air hangat kemudian diminum selagi hangat. Tidak hanya akan menenangkan tenggorokan, tetapi juga akan membantu melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu yang mungkin bersembunyi.
Obat tradisional alami untuk radang tenggorokan inilah yang kita ketahui cukup manjur, tapi sebaiknya jika sakitnya masih berlanjut anda harus segera memeriksakan diribke Dokter langganan anda. Semoga bermanfaat! (berbagaisumber/***)