10 Siswa Binaan Lapas Anak Pakjo Ikuti USBN

Meski terlilit masalah hukum, para pelajar SMA ini semangat mengisi naskah soal USBN.foto/ejak

Palembang –Lapas Kelas I Pakjo, Palembang, memberikan kesempatan kepada anak binaannya untuk mengikuti ujian sekolah berbasis nasional (USBN) jenjang sekolah menengah atas (SMA) filial.

Berdasarkan pantauan Koran Kito, dari 11 orang hanya 10 anak Lapas Pakjo, yang hadir USBN perdana. Seorang peserta ujian tidak hadir tanpa keterangan yang jelas.

Kasi Pembinaan LPKA Kelas I Pakjo Palembang A Fuad mengatakan, ada 11 orang pelajar kelas XII, tujuh orang di antaranya masih berada di dalam empat berada di luar dengan status bebas bersyarat.

“Yang hadir untuk USBN mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hari ini Senin (20/3) hanya 10 orang. Satu orang tidak hadir tanpa keterangan. Salah satu yang tidak hadir ini adalah yang bebas bersyarat yang berasal dari Ogan Ilir. Padahal, pada saat try out terakhir pada 14 Maret lalu hadir,” ujarnya di sela USBN, Senin (20/3).

Menurutnya, binaan Lapas Pakjo jenjang SMA memang menginduk di SMAN 11 Palembang, namun untuk kegiatan belajar dan ujian tertulis lainnya dilaksanakan di ruang belajar LPKA Pakjo, Palembang dengan diawasi oleh perwakilan guru dari sekolah tersebut.

“Untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK) nanti baru mereka akan ujian di SMAN 11 dan bergabung dengan siswa pada umumnya. Tentu saja akan dijaga beberapa personel dari LPKA selama mereka di luar. Satu yang tidak hadir tanpa keterangan, TO terakhir ada,” katanya.

Salah satu peserta ujian, Zulfikar Ahmad Al Faki menuturkan, dirinya senang bisa diberi kesempatan ikut USBN. Ia juga mengaku telah mempersiapkan diri sejak lama dan tidak pernah absen mengikuti kegiatan pembelajaran selama di Lapas Anak. Namun saat pelaksanaan USBN, dirinya menemui beberapa soal yang belum pernah ia pelajari sehingga dirinya merasa sedikit kesulitan untuk menjawabnya.

“Soalnya lumayan sulit, sebab ada yang belum saya pelajari. Namun, saya optimis dapat menyelesaikannya dengan hasil yang maksimal,” ujarnya.korankito.com/ejak/drsd