Bisa Dipercaya

Serba Serbi Buncis si Hijau nan Eksotis

Ilustrasi/pixabay.com

Buncis merupakan sayuran yang berbiji, bentuknya panjang seperti kacang panjang meskipun tidak sepanjang kancang panjang. sayur buncis ini mudah ditemui karena banyak dijual baik di pasar tradisional maupun di supermarket modern.

Berikut ini beberapa manfaat buncis yang diperoleh dari kandungan gizinya:

1.Mengatasi gejala penyakit diabetes. Zat seperti stigmasterol dan sitisterol melakukan peranannya untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin ini yang akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Semakin banyak produksi insulin makan akan semakin turun kadar gula darah.

2.Buncis yang dikonsumsi secara keseluruhan, menyediakan serat makanan yang relatif tinggi . Serat diet membantu menurunkan kadar kolesterol darah, obesitas, dan sembelit.

3.Buncis merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya folat yang memadai pada ibu hamil akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Mampu melancarkan ASI bagi ibu hamil, dengan mengkonsumsi buncis yang berusia di bawah satu tahun atau biasa dikenal baby bean.

4.Buncis kaya dengan pitosterol, terutama ß-sitosterol. Studi menunjukkan bahwa sayuran seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal kaya sterol membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5.Buncis mengandung vitamin K yang telah ditemukan memiliki peran dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteo-trofik dalam tulang. Hal ini juga telah membatasi kerusakan saraf di otak.

Tapi… dari sekian banyak manfaat buncis untuk kesehatan, yang perlu diingat adalah, Buncis sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak. Berdasarkan temuan FDA, salah satu sayuran yang tidak dianjurkan untuk dimakan mentah ialah Buncis karena berdasarkan hasil penelitian di dalamnya terdapat cyanogenic glycoside yang merupakan asam amino beracun.

Tapi anda jangan khawatir karena zat beracun ini bisa dihilangkan jika buncis sudah di rendam atau dibersihkan terlebih dahulu dan dimasak.

Apabila sayuran buncis ini dimasak dengan benar, maka protein yang ada didalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh Anda.


Resep Buncis crispy pedas asin
 

Ilustrasi/cookpad.com

Bahan-bahan  :

Untuk 3 porsi
200 gram
10 sdm terigu
1 sdm tepung beras
1 sdm tepung maezena
bawang putih halus
secukupnya lada bubuk
secukupnya bubuk penyedap
1 sdt garam


Langkah-langkah:   
Buncis dibuang ujung2nya potong jd 3 lalu cuci dan ditiriskan
Campur semua tepung dan bumbu2 sampai rata
Ambil lebih kurang 5 sdm adonan tepung lalu campur dengan air jangan encer biar nempel,ini untuk adonan basah,
Sisanya jadi adonan kering
Balur buncis pada adonan basah smpe rata
Masukan ke adonan kering aduk2 sampe rata.

Goreng dengan minyak panas dengan api yang sedang saja.


Lalu selanjutnya, tumis/sangrai bawang cincang+cabe rawit tambahkan garam,gula, penyedap lalu masukan buncis goreng aduk aduk sampe rata dan kemudian diangkat..
Buncis Pedas Crispy pun siap dihidangkan dg nasi hangat. (berbagaisumber/***)