Bisa Dipercaya

Dispar Palembang Siapkan Destinasi Wisata ‘Dapur Pempek’

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani. Foto/Ria

Palembang – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang tengah mempersiapkan destinasi wisata ‘dapur pempek’ untuk menarik kunjungan para pelancong melihat secara langsung proses pembuatan kuliner khas Palembang.

Kepala Dispar Palembang Isnaini Madani mengungkapkan, destinasi wisata tersebut berkaitan dengan kuliner khas Palembang yakni pempek, kue serta makanan lainnya. ‘’Kita akan buat sentra kuliner pempek dan kue-kue khas Palembang lokasinya di samping Hutan Wisata Punti Kayu tepatnya jalan Sukawana,” kata Isnaini, Ahad (19/3).

Berita Sejenis
1 daripada 3

Di tempat itu, paparnya, selain dapat menyaksikan proses pembuatan juga disajikan hasil produk yang dapat langsung dinikmati maupun dibawa untuk oleh-oleh. ‘’Bahkan kita akan bukan cooking class sehingga pengunjung dapat belajar membuat makanan khas Palembang,’’ ujarnya.

Selain ‘dapur pempek’, Dispar juga melirik potensi destinasi wisata Bagus Kuning, Kampung Sungai Lumpur dan kawasan Sekanak maupun makam bersejarah.

“Seperti makam-makam bersejarah banyak yang sudah rusak, bahkan ada yang dijual. Kami pun sangat mendukung Dinas Kebudayaan yang ingin mengembalikan makam-makam bersejarah ke fungsi aslinya,” terangnya.

Dengan begitu makam-makam bersejarah ini juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Dimana dapat dibuatkan paket untuk wisata ziarahnya. Tentunya harus ditata terbih dahulu. Mengingat banyak makam-makam yang tidak sesuai dengan kaidah tempat wisata dan cagar budaya. “Masih harus ditata lagi agar lebih bagus. Jasi ada daya tarik dan daya jualnya. Sehingga orang tertarik untuk datang kesana,” tukasnya. Korankito.com/ria/sym.