800 Kihoi Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

Para karateka Wadokai yang tengah mengikuti ujian kenaikan tinggkat di halaman Polresta Palembang.foto/rehsa

Palembang – Markas Polresta Palembang dipenuhi karateka dengan baju putih kebesarannya, Minggu (19/3). Sedikitnya 800 kihoi (karateka junior-red) Wadokai tengah mengikuti ujian kenaikan tingkat. Mereka berasal dari kabupaten/kota se-Sumsel.

Ketua Harian Wadokai Iskandar Sabani mengatakan, ujian kali ini masih dibilang sedikit. Meski diikuti 800 peserta dari tujuh Kabupaten, ia menilai kekuatan Wadokai masih tersimpan di 10 kabupaten/kota yang tak bisa hadir.

“Salah satu caranya dengan meningkatkan kualitas atlet kita melalui ujian, selain kita juga ingin menggali semoga ada bakat terpendam yang bisa muncul dari sini,” ujarnya.

Menurutnya, Wadokai harus mempertahankan prestasi yang telah mereka raih di Kejuaraan Piala Gubernur 2016 lalu. Ia mengatakan, Wadokai harus siap menjaga titel juara umum yang telah mereka raih.

Dengan kenaikan tingkat inilah, mereka menjaga kualitas perguruan. Mulai dari sabuk putih, kuning hingga coklat. Dikatakan Iskandar, ujian kali ini akan difokuskan dengan tiga hal yakni Kihong, Kata, dan Kumite.

“Artinya setiap peserta akan dilihat kemampuan dasar dan hasil latihanya selama ini. Tim penguji merupakan karateka dengan sabuk hitam,” ucapnya

Sekum Wadokai Sumsel Aliyudin Asral mengatakan, ia cukup gembira melihat antusiasme karateka Wadokai. Menurutnya dalam karate itu tidak cuma belajar beladiri semara, respect, hormat dan saling menyanyangi sebagai keluarga juga dipupuk.

“Makanya setiap ketemu dengan lebih tua atau senior sambil membungkukkan badan dan mengucapkan osh,” katanya.korankito.com/resha/drsd