6 Tips Mencegah Kebakaran Mobil

Foto/dok

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan musibah kebakaran yang dialami sebuah mobil yang terbakar saat sedang dipergunakan.

Baca juga : http://korankito.com/2017/03/16/baru-dua-hari-keluar-diler-toyota-yaris-terbakar/

Mencegah terjadinya kebakaran pada mobil harus dilakukan guna mengurangi risiko tersebut. Penyebabnya bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal.

Berikut yang harus kita lakukan untuk mengurangi resiko kebakaran:

1.Tidak sembarangan memasang aksesori kelistrikan, apalagi dengan yang bukan ahlinya.

2.Periksa selalu bagian mesin, pada saat akan berkendara, apakah ada benda-benda yang bisa dengan mudah terbakar, seperti misalnya kertas, tissue¸kain atau plastik.

3.Periksa saluran oli dan bahan bakar, apakah ada kebocoran yang menyebabkan cairan tersebut keluar, sehingga memicu munculnya api karena suhu panas di ruang mesin

4.Jangan mebawa kemasan berisi bahan mudah terbakar ke dalam mobil, diantaranya bensin, kaleng yang beraerosol (obat nyamuk semprot atau cairan pembersih kendaraan).

5.Ketika sedang berkendara dan mencium bau angus atau bau seperti ada plastik yang terbakar, segeralah menepikan kendaraan dan memeriksa sumber bau tersebut.

6.Jika ternyata ada asap yang keluar dari sumber asap segeralah lepaskan kepala aki dan berusaha untuk memadamkan api dengan tetap mengutamakan keselamatan diri anda dan orang disekitar.
Semoga bermanfaat! (korankito.com/berbagai sumber/***)