SONS Tetapkan Kuota 62 Siswa

Palembang-Pendaftaran seleksi calon siswa Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) sudah dibuka. Sekolah yang mencetak bakal atlet Sumsel ini, menetapkan daya tampung sebanyak 62 Siswa SMP dan SMA.

Dari 62 siswa tersebut meliputi beberapa cabang olahraga yakni angkat besi 2, atletik 12, bola voli 6, dayung 6, gulat 2, pencak silat 5, renang 8, senam 6, sepaktakraw 6, taekwondo 6, judo 1, tenis meja 2, putra dan putri. Namun untuk gulat dan sepak takraw, khusus untuk putra saja.

Kepala Sekolah SONS Mitrisno menuturkan, kriteria yang akan dipakai untuk merekrut calon siswa sekolah itu akan ditetapkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel.

Untuk itu, ia terus berkoordinasi dengan pihak Dispora untuk menentukan seleksi siswa yang bakal jadi atlet andalan Sumsel tersebut. “Kita hanya menerima saja, yang menetapkan kriteria Dispora dan KONI Sumsel,” terangnya ketika dihubungi, Kamis (16/3).

Ia menjelaskan, untuk tim peyeleksi khusus cabor akan diseleksi oleh pelatih masing-masing cabor dan tim pandu bakat. Selain itu, peserta akan mengikuti seleksi yang dilaksanakan panitia penerimaan atlet siswa baru. Tahap seleksi sendiri meliputi seleksi administrasi, kesehatan, tes keterampilan atau fisik, tes psikotes dan wawancara.

“Tim seleksi merupakan tim yang benar-benar ahli dibidangnya. Misalnya, keterampilan atau fisik yang meyeleksi masing-masing pelatih dari cabor. Memang kami mencari calon atlet yang nantinya akan mengikuti beberapa event olahraga baik tingkat SMP dan SMA,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain memiliki fisik dan ahli disalah satu cabor, para calon siswa baru juga harus memiliki prestasi olahraga minimal juara III tingkat kabupaten/kota, atau juara V untuk tingkat provinsi/nasional, dibuktikan dengan foto medali, fotocopy piagam atau dokumen pendukung lainnya.

“Untuk prosedur pendaftaran sendiri calon siswa baru tersebut diusulkan oleh Dispora kabupaten/kota atau secara perorangan. Pengiriman berkas dilakukan melalui via pos,” pungkasnya. (korankito.com/resha)