Ini Jumlah Medali Emas di Poprov 2017

Palembang-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya menetapkan 347 medali emas untuk diperebutkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2017 Sumsel mendatang.

Medali itu akan diperebutkan oleh atlet yang berlaga di 435 nomor pertandingan pada 28 cabor yang dipertandingkan. Jumlah medali tersebut ditetapkan dalam Rapat Koordinasi Porprov dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olahraga, di Aula KONI Sumsel, Kamis (16/3).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Poprov 2017 Dheenie Zainal, penentuan nomor pertandingan dan hasil medali tersebut ditetapkan berdasarkan pada Poprov 2015 Lubuk Linggau lalu. Sehingga walaupun Poprov kali ini berbeda, ketentuan nomor masih mengacu pada Poprov lalu.

“Selain itu, nomor-nomor pertandingan ini juga punya peluang medali kedepannya,” terangnya ketika diwawancarai usai rapat.

Peluang medali yang dimaksud adalah kesempatan menyabet perolehan medali lebih banyak di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua mendatang. Oleh karena itu, pada multi event olahraga kali ini akan dimanfaatkan untuk mengatasi krisis atlet di Sumsel.

“Seluruh Pengprov sudah sepakat untuk ketentuan ini. Kita tinggal menunggu laporan-laporan dari masing-masing Pengprov untuk masalah teknis seperti aturan pertandingan dan panitia inti,” tuturnya.

Untuk tempat penyelenggaraan sendiri, mayoritas cabor masih terpusat di Jakabaring Sport City (JSC). Selain itu, asrama haji juga diberdayakan untuk tempat cabor beregu.

“Karena di asrama haji itu tidak terlalu jauh dari beberapa tempat penyelenggaraan, seperti Jasdam untuk voli dan sepak takraw,” pungkasnya. (korankito.com/resha)