Disdik Sumsel Cek Naskah UN

Palembang – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan melakukan pengecekkan naskah soal ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) jenjang sekolah menengah atas (SMA)/sederajat di pergudangan Skypark Jalan Soekarno-Hatta Palembang, Kamis (16/03).

Sekertaris UN sekaligus Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMA Disdik Sumsel Arwan mengatakan, naskah soal UNKP sudah diterima dari sisi keamanan Polisi Daerah (Polda) Jatim ke Polda Sumsel. Dan saat ini pihaknya sedang melakukan pengecekan jumlah naskah soal di bawah pengawasan Polda Sumsel.

“Tanggal 11 Maret kemarin soalnya sampai, namun belum bisa cek karena harus serah terima dulu antara pihak keamanan dari Polda Jatim ke Polda Sumsel pada hari Senin (13/03) dan saat ini (16/03) baru bisa mengecek dan memverifikasinya,” ungkapnya di sela pengecekkan jumlah koli (kardus) naskah soal UNKP, Kamis (16/03).

Dijelaskannya, sebelum pengiriman soal atau semasa pencetakan naskah di Surabaya, ada tim dari Disdk yang dikirim ke tempat percetakan untuk mengecek jumlah naskah soal. Dan hari ini, setelah serah terima, pihaknya langsung mengecek di gudang apakah jumlahnya sesuai dengan sewaktu mencetaknya.

“Pengecekkannya biasanya memakan waktu 2-3 hari. Yang dicek jumlah koli yang sampai dulu, kemudian dibagi dan dicek jumlah koli per sekolah di daerahnya masing-masing,” tukasnya.

Selain itu, Arwan menambahkan, estimasi perkiraan penerimaan naskah soal dari pihak percetakan ke Disdik Sumsel pada 27 Maret dan pada 30 Maret naskah soal akan didistribusikan ke sekolah ditiap kabupaten/kota di Sumsel.

“Rapat distribusi akan dimulai setelah serah terima secara simbolis oleh percetakan ke Disdik Sumsel yaitu pada 29 Maret dan unsur yang terlibat yaitu petugas dari disdik dan dari Polda selaku pengamanan,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan pihak Percetakan PT Temprina Media Grafika Surabaya (Jawa Post) Didin Samsudin menerangkan, bersama dua personel dari Polda Jatim dirinya menempuh perjalanan selama lima hari dari tanggal 6-11 Maret untuk mengantar 975 koli naskah soal UNKP jenjang SMA/sederajat ke Sumsel.korankito.com/ejak