Bisa Dipercaya

Mitos atau Fakta! Keju Bisa Bikin Panjang Umur

ilustrasi/pixabay.com

Keju digolongkan makanan berlemak. Tak perlu dihindari, Selain gurih creamy, ternyata keju juga mengkonsumsi keju justru bisa memperpanjang usia.  Hal ini berdasarkan  hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine menemukan bahwa konsumsi keju, khususnya jenis keju yang sudah berumur atau keju tua dan memiliki kandungan senyawa spermidine bisa menunda dan memperlambat proses penuaan.  Kandungan spermidine juga dapat ditemukan dalam kacang polong. Zat ini biasanya ditemukan dalam jenis keju biru atau blue cheese.

Dan menurut penelitian itu bahwa keju matang mengandung bahan kimia khusus yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan, memperlambat proses penuaan, dan meningkatkan harapan hidup.

Berita Sejenis

Mengejar Impian Demi Sang Ayah

Sumsel Bakal Ciptakan Pramuka Berwawasan Ilmiah

Meilia : Utamakan Penunjang Akademik Mahasiswa

1 daripada 3.100

Para ilmuwan awalnya melakukan percobaan pada tikus laboratorium dan menemukan bahwa hewan pengerat yang rutin mengonsumsi keju bisa bertahan hidup lebih lama dibanding yang tidak makan keju.

Kemudian penelitian dilanjutkan terhadap 800 orang di Italia, dan hasilnya mereka yang rutin makan keju, kecil kemungkinan mengalami hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Kerentanan mereka terhadap gagal jantung juga lebih rendah 40%  dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukai keju.

Para peneliti percaya bahwa poliamina, bahan kimia yang terkandung dalam keju dapat membantu sel-sel tubuh dalam membuang racun dan merusak bagian dari diri mereka sendiri. Tentunya ini memberikan keuntungan pada tubuh dan bahkan dapat membantu membuat kita awet muda.

Namun perlu anda diingat, bahwa keju mengandung banyak kalori dan dapat berbahaya bagi sebagian orang. Jadi, meskipun kamu rutin memakan keju, tetap harus diperhatikan kadarnya, karena jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif pada tubuh kita.

Dan bagi anda yang kurang menyukai keju, tak perlu berkecil hati karena Poliamina yang terkandung dalam keju matang juga dapat ditemukan dalam berbagai produk makanan lainnya, seperti kacang hijau, jagung manis, kacang kedelai, dan gandum. Hanya memang keju yang paling lezat dan nikmat dibandingkan alternatif makanan lain. Semoga bermanfaat! (korankito.com/berbagaisumber/***)