Awalnya Pengguna, Lama-lama Jadi Pengedar Narkoba

Andi, tersangka kasus narkoba saat diamankan di Polda Sumsel.foto/kardo

Palembang-Anggota Ditres Narkoba Polda Sumsel kembali menangkap pengedar narkoba yang sering bertransaksi di Jalan Riakudu, Kelurahan 7 Ulu Kecamatan SU l Palembang.

Tersangka bernama Andi (26). Buruh bangunan ini menjadi seorang kurir dari temannya berinisial DL, warga 5 Ulu, karena gaji sebagai buruh tidak mencukupi kebutuhan keluarganya.

Menurut Andi, sudah enam bulan terakhir ini mengedarkan shabu, kebanyakan pelanggannya di kalangan buruh bangunan tempat ia bekerja terdahulu.

“Saya dapat dari DL, mulanya saya beli dulu lalu saya jual kembali ke teman-teman saya. Sejak sepi kerjaan, biaya ekonomi keluarga menjadi berat hingga saya beralih dari pemakai menjadi pengedar,” ungkap Andi, Rabu (15/3).

Dari penangkapan ini, petugas juga berhasil mengamankan 7,18 gram shabu yang dibagi menjadi 24 paket kecil dan 1/2 butir pil ekstasi.

Kasubdit l Ditres Narkoba Polda Sumsel AKBP Syahril Musa mengatakan, saat ini pihaknya masih menyelidiki asal barang tersebut. Tersangka Andi sendiri saat ini dikenakan pasal 114 subsider pasal 112 KUHP.

“Kita masih meminta keterangan dari yang bersangkutan dari mana asal shabu tersebut. Dan dari pengakuannya, barang tersebut sudah diedarkan sejak enam bulan lalu di kawasan 5 Ulu,” ujar Syahril.

Selain itu, ia juga menambahkan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Sumatera Utara dan BNN Medan untuk melakukan pencegahan peredaran narkoba di wilayah Sumsel yang kebanyakan didapat dari wilayah Medan.

“Upaya kita untuk melakukan pencegahan dengan berkoordinasi bersama Polda Sumut dan BNN Medan untuk memutus jaringan peredaran yang masuk ke wilayah Sumsel. Karena kebanyakan barang bukti yang kita amankan berasal dari kawasan tersebut,” kata Syahril.korankito.com/kardo