Berita Korankito.com Jadi Bahan Paparan Polresta Palembang

Berita korankito.com menjadi bahan paparan Polresta Palembang di hadapan para pengelola mal se-Kota Palembang.foto/deny

Palembang-Pascaterjadinya aksi penodongan di toilet lantai 2 Palembang Indah Mall (PIM), Jumat (10/3) malam, jajaran Polresta Palembang memanggil seluruh pengelola retailer se-Kota Palembang.


Tampak puluhan manejemen retailer se-Kota Palembang mendatangi Polresta Palembang. Seperti manajemen PIM, PS Mall, OPI Mall, JM, Alfamart, dan lainnya, terlihat di Aula Mapolresta Palembang, Selasa (14/3) siang.

Rapat koordinasi dipimpin langsung Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono juga dihadiri seluruh Kapolsek, Kasat dan jajaran Polresta Palembang lainnya.

Dalam paparannya, Polresta Palembang menayangkan berita aksi penodongan di toilet lantai dua Palembang Indah Mal (PIM) yang dimuat media online korankito.com lewat over head proyektor. Berita di korankito.com itu berjudul, “ Ditodong di Toilet PIM, Siswa SMP Nyaris Tewas.”

Berdasarkan catatan redaksi korankito.com, viewer berita tersebut cukup tinggi. Dalam dua hari berita itu tayang, ribuan viewer membuka berita tersebut berikut berita-berita lanjutan dari kejadian tersebut.



Mulanya, rapat tersebut mendengarkan kata-kata sambutan dari Kapolresta, yang dilanjutkan dengan pemaparan tentang evaluasi mall-mall di Kota Palembang dari Kabag Ops Porlesta Kompol Andi Kumara.

Kemudian, pemaparan mengantisipasi tindak kriminal di dalam mall-mall yang dilakukakan Kasat Binmas Polresta Palembang Kompol Masnoni.

Kemudian media online korankito.com yang menanyangkan berita berjudul “Ditodong di Toilet PIM, Siswa SMP Nyaris Tewas” menjadi bahan paparan Polresta Palembang di hadapan tamu undangan.  “Terkait adanya insiden ini,” kata Kasat Binmas Polresta Palembang Kompol Masnoni sambil merujuk berita di media olnline  korankito.com.  “Menimbulkan komentar warga tentang pengamanan di mall di media sosial.”

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kapolres mengatakan, keberadaan mall di Kota Palembang memangdapat mengundang kerawanan aksi tindak kriminal seperti pencurian, jambret, bahkan penodongan, yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Hal ini yang perlu kita waspadai, apalagi mal sebagai pusat perbelanjaan bagi masyarakat dan menjadi salah satu tempat berkumpulnya orang yang ramai,” jelasnya saat memberikan kata sambutan.

Setelah mengevaluasi kejadian penodongan di toilet PIM, Kapolres mengaku masih banyak mal yang kurang memasang CCTV dan menempatkan petugas pengamanan di titik-titik yang rawan tindak kejahatan.

“Kekurangan keamanan pada mal yakni masih kurang di arah rest room, lorong menuju parkiran ini masih sangat minim CCTV, bahkan tidak ada petugas keamanan yang ditempatkan di sana,” katanya.

Menurut Kapolresta, berdasarkan pantauan, di lapangan dan juga di dalam mal seperti bagian lift, eskalator, pintu darurat masih minim CCTV, dan petugas keamanan.
Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kejahatan di dalam mal, polisi berencana akan menggelar patroli rutin terutama di kawasan pusat perbelanjaan untuk mengantisipasi tindak kejahatan. “Apalagi ini menghadapi Asian Games 2018, dan ini akan kita tingkatkan keamanan di Kota Palembang,” kata Kapolresta.

Terkait hadirnya media online khususnya korankito.com, Kapolresta Palembang Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono menilai sangat bagus. “Ini sangat bagus, dapat membantu kita mensosialisasikan ke masyarakat tentang kinerja dari kepolisian dan meningkatkan citra Polri. Media itu, merupakan bagian dari mitra kepolisian,” ujarnya.korankito.com/deny