Berbahaya! Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

Tidak semua makanan bisa dihangatkan dan dimakan kembali. Berikut adalah beberapa makanan tersebut dan alasan kenapa anda harus menghindari memanaskan kembali dengan kompor atau microwave.

 

1.Nasi

ilustrasi

Nasi kaya akan vitamin, mineral dan asam amino, tapi juga mengandung spora dari bakteri bila dibiarkan setelah dimasak. Jika nasi bersisa pada suhu kamar, bakteri akan mudah berkembang biak dan dapat menyebabkan keracunan. Memanaskan nasi yang sudah dimasak sudah tidak layak dikonsumsi kembali. Jadi lebih baik makan nasi segera atau dinginkan dalam waktu satu jam setelah dimasak.

 

2.Seledri

ilustrasi

Seledri mengandung nitrat yang akan berubah menjadi racun ketika dipanaskan ulang. Daun seledri biasanya dipakai sebagai sayur pelengkap untuk sup. Namun, walaupun hanya pelengkap, jika Anda mengkonsumsi seledri yang dipanaskan kembali, hal ini akan membahyakan kesehatan Anda. Jadi, ketika Anda hendak memanaskan sup Anda, sebaiknya buang dulu daun seledri yang terdapat didalamnya.

 

3.Telur

ilustrasi

Hindari memanaskan ulang telur orak-arik atau telur dadar setelah dimasak karena akan berubah menjadi racun. Lebih baik menambahkannya pada sandwich atau salad.

 

4.Bayam

ilustrasi

Banyak orang yang melakukan diet dengan menu makanan dari sayur bayam. Serupa dengan seledri, bayam juga mengandung nitrat yang akan berubah menjadi asam setelah pemanasan. Anda bisa menambahkan bayam pada smoothie, sandwich atau salad agar tetap bermanfaat bagi tubuh.

 

5.Jamur

ilustrasi

Jamur adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi dalam kondisi yang segar. Makanan ini kaya akan protein yang sangat penting bagi tubuh. Sama seperti ayam, ketika Anda memanaskannya kembali, maka komposisi protein yang terdapat dalam jamur tersebut akan berubah sehingga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

6.Kentang

ilustrasi

Kentang memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Namun, ketika Anda menyimpan kentang matang terlalu lama, maka Anda akan kehilangan banyak nutrisi didalamnya. Anda juga akan mengalami masalah pencernaan jika Anda memanaskan kembali kentang tersebut.

 

7.Ayam

ilustrasi

Ketika memanaskan kembali menu masakan ayam Anda, akan terjadi perubahan komposisi protein yang akan menyebabkan terjadinya masalah pencernaan. Oleh karena itu, lebih baik menambahkan sisa ayam untuk salad atau sandwich.

Semoga Bermanfaat! (korankito.com/berbagai sumber/***)