Bisa Dipercaya

Program Keahlian Ganda Guru SMA/SMK Resmi Diluncurkan

Launching program keahlian ganda di lantai 2 Aula SMKN 2 Palembang. Foto/Eja

Palembang – Sedikitnya 57 guru sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) se Sumatera Selatan (Sumsel), mengikuti program keahlian ganda bidang teknik komputer jaringan (TKJ), teknik sepeda motor (TSM) dan teknik multi media (TMM) yang terpusat di SMKN 2 dan SMKN 5 Palembang.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik Sumsel Syarial Efendi mengatakan, program keahlian ganda ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan daya saing regional yakni mutu guru menjadi lebih baik.

Berita Sejenis

Mengejar Impian Demi Sang Ayah

Sumsel Bakal Ciptakan Pramuka Berwawasan Ilmiah

Meilia : Utamakan Penunjang Akademik Mahasiswa

1 daripada 3.100

“Saat ini jumlah guru produktif di SMK di Indonesia mengalami kekurangan, pasalnya belum dibukanya kembali rekruitmen calon penerimaan negeri sipil (CPNS). Maka program guru keahlian ganda menjadi opsi yang diambil,” jelasnya, Senin (13/03).

Selain itu, guru yang ikut wajib berstatus PNS dan keahlian keduanya harus berbeda dengan bidang studi mereka sebelumnya. “Kalau guru itu sebelumnya jurusan IPA maka sebaiknya mengambil jurusan pertanian. Dan instrukturnya sendiri dari guru Palembang yang sudah mengikuti Trainning of Trainner (TOT) terlebih dahulu,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sumber Daya Manusia (SDM) SMKN 2 Palembang Asrowi menambahkan, pelatihan ini akan berlangsung selama tiga bulan sejak 13 Maret hingga 12 Mei 2017 mendatang.

“Di SMKN 2 yang ikut TKJ ada 19 peserta, untuk TSM ada 16 guru dari berbagai SMA/K se-Sumsel seperti Pali, Muba, Prabumulih Palembang dan Banyuasin. Sedangkan untuk di SMKN 5 juga ada 22 guru yang ikut program ini di bidang TMM,” tukasnya. (korankito.com/eja)