Bisa Dipercaya

Legenda Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang-Palembang

Bukit Siguntang Palembang adalah salah satu situs bersejarah peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang saat ini menjadi salah satu lokasi wisata alam yang ada di kota Palembang yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Dengan ketinggian sekitar 29-30 meter diatas permukaan laut menjadikan bukit ini merupakan dataran tertinggi yang ada di kota Palembang.

Bukit Siguntang Palembang ini dulunya merupakan salah satu daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, dibuktikan dengan fakta bahwa disekitar bukit ini banyak ditemukan artefak kerajaan Sriwijaya.

Bukit Siguntang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya sudah menjadi tempat yang sakral dan keramat. Bukit Siguntang adalah sebuah tempat bersejarah dimana di sini dahulu merupakan tempat ibadah di zaman Kerajaan Sriwijaya.

 

Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang dijadikan tempat sembayang untuk penyembahan kepada Tuhan Yang Maha Esa saat zaman Kerajaan Sriwijaya dengan bukti ditemukannya patung Budha di bukit tersebut yang saat ini patung itu berada di depan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Kemudian saat runtuhnya Kerajaan Sriwijaya di abad 13, muncul Kerajaan Palembang Darusalam tempat inipun (Bukit Siguntang) masih menjadi tempat yang sangat keramat karena sering dikunjungi oleh raja-raja Palembang dahulu sebagai tempat pertapaan atau semedi untuk menenangkan pikiran agar bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa Sang Pencipta Kehidupan.

Hingga sekarang Bukit Siguntang masih menjadi tempat yang sakral bagi orang Palembang. Masyarakat setempat pun punya kepercayaan bahwa apabila Palembang terkena bencana besar seperti banjir bandang maka Bukit Siguntang adalah tempat yang tidak akan pernah tenggelam dan ada pula yang percaya bahwa di bawah timbunan tanah Bukit Siguntang inilah terdapat jejak-jejak peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang legendaris itu yang menyimpan harta yang tak ternilai harganya. Wallahu’alambissawab.

(korankito.com/berbagaisumber/***)