Telok Ukan Makanan Unik yang Hampir Punah

Telok ukan

Bagi yang pernah berkunjung ke Kota Palembang, Telok Abang mungkin tidak asing mendengarnya atau juga pernah melihat dan bahkan menikmatinya, terutama pada saat perayaan hari kemerdekaan RI 17 Agustus di Kota Palembang.

Tapi kami yakin banyak sekali yang tidak mengetahui mengenai satu makanan khas Palembang yang cukup melegenda di era sebelum tahun 1980 yang diberi nama Telok Ukan.

Telok ukan adalah makanan khas masyarakat Palembang yang sangat unik. Telok Ukan (dalam bahasa Indonesia artinya “Bukan Telur”), ada yang terbuat dari telur bebek dan ada juga yang terbuat dari telur ayam.

Namun yang paling diminati adalah yang terbuat dari telur bebek. Prosesnya terbilang cukup rumit. Ini karena telur bebek dilubangi dengan jarum terlebih dahulu untuk mengeluarkan isinya. Lalu isinya dicampur dengan santan dan aneka bumbu lainnya. Setelah itu dimasukkan kembali ke dalam telur dan dikukus. Kedengarannya mudah namun kenyataannya tidak gampang.

Dahulu pada masa dibawah tahun 1980 an masih banyak ditemui penjual telok ukan pada perayaan kemerdekaan 17 Agustus, bahkan dihari hari biasa masih bisa kita temui dijual para penjaja dipusat pusat keramaian seperti pasar dan tempat tempat lainnya.

Namun sedihnya dimasa sekarang sudah tidak ada lagi kita temui orang yang menjajakannya, bahkan sepertinya telok ukan ini bisa dikategorikan sebagai makanan yang hampir punah. Bahkan mungkin warga Palembang sendiri sudah banyak yang tidak mengetahui keberadaan telok ukan ini.

(korankito.com/berbagaisumber/***)