Dua Begal Empatlawang Ditangkap Warga

Risko Agustian dan Jefri, dua pelaku begal di Empatlawang berhasil diringkus warga desa.foto/rodi

Empatlawang-Dua pelaku begal yang sering melakukan tindak kejahatan, Risko Agustian (22) dan Jefri (21), warga Desa Baturaja Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, berhasil ditangkap warga. Keduanya diringkus setelah melakukan aksi begal terhadap korban Anuar Setia Budi (16), warga Kotagading, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang.

Saat ditangkap warga, para pelaku sedang melarikan sepeda motor korban yang dirampas di Kawasan Ulak Gaung, Kampung Gaung, Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi.

Peristiwa ini bermula ketika korban Anuar Setia Budi bersama temannya Yudha, beriringan naik hendak pulang ke rumahnya di Desa Kotagading, Kecamatan Tebing Tinggi sepulang dari pasar.

Lantaran jarak mereka cukup jauh, saat tiba di lokasi kejadian, tiba-tiba korban dihadang kedua pelaku yang menggunakan sepeda motor Yamaha Yupiter Z. Pelaku langsung menusuk telinga korban dan memaksa korban menghentikan kendaraannya. Saat korban sudah dalam kondisi tak berdaya, pelaku langsung merebut motor korban dan melarikannya ke arah Desa Kotagading.

Sementara rekan korban, Yudha sesaat setelah kejadian baru mengetahui kalau rekannya menjadi korban begal. Ia pun langsung berusaha mengejar pelaku, namun karena motor Yudha mendadak mogok, ia lantas menelpon Kepala Desa (Kades) Kotagading, untuk menghadang kedua pelaku.

Alhasil, Kades bersama warga yang mendapat informasi tersebut, langsung melakukan penghadangan di Desa Kotagading hingga akhirnya kedua pelaku berhasil ditangkap. Setelah diinterogasi di rumah Kades, kedua pelaku dibawa ke Mapolres Empatlawang untuk mempertanggunjawabkan perbuatannya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kotagading, Hendra mengatakan, kedua pelaku dicegat di jalan desa oleh Kades dibantu warga desa, saat melintas di jalan desa. “Kedua pelaku sudah diserahkan ke aparat, sesaat setelah ditangkap, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Hendra.

Terpisah, Kapolres Empatlawang AKBP Bayu Dewantoro membenarkan adanya penangkapan dua orang pelaku begal di Desa Kotagading, Kecamatan Tebing Tinggi. Menurut Bayu, kedua pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolres Empatlawang guna penyidikan lebih lanjut.

“Iya, pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan, sesuai dalam pasal 365 KUHP, dengan dasar LP/B/42/III/2017/Sumsel/Res Empatlawang tanggal 10 Maret 2017,” paparnya.

Menurut Bayu, barang bukti yang berhasil diamankan, satu bilah senjata tajam jenis pisau dan sewar dan satu unit sepeda motor Honda Revo FIT, bernomor polisi (Nopol) BG 5940 IR.

“Pelaku yang diamankan 2 orang, tindak pidana pencurian dengan kekerasan di kuburan Dusun Gaung, Kecamatan Tebing Tinggi,” tandasnya.korankito.com/rodi