Baca Alquran Serentak di Palembang Pecahkan Rekor MURI

Pelaksanaan membaca Alquran serentak di BKB, Palembang.foto/ria

Palembang – Pelataran Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (11/3) malam, disesaki ribuan manusia yang ingin menyaksikan malam pemecahan rekor Museum Record Indonesia (MURI) pembacaaan ayat suci Alquran oleh 500 qori dan qoriah terbaik di Kota Palembang.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang pembukaan MTQ tingkat Kota Palembang yang akan dipusatkan di Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, juga launching gerakan shalat Subuh Berjamaah yang digalakan Walikota Palembang Harnojoyo.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara tersebut termasuk sejumlah qori berpengalaman. Salah satunya HM Alwi Hasan, qori yang berprestasi mewakili kota Palembang di Banjarmasin, 1973 silam.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, kegiatan shalat Subuh Berjamaah yang sudah digalakan sejak 1 Muharam ini merupakan kegiatan untuk lebih menghidupkan syariat Islam terlebih kegiatan malam pembukaan MTQ yang menghadirkan 500 qori dan qoriah.

“Ini merupakan wujud kecintaan kita terhadap Alquran dan upaya kita mewujudkan Kota Palembang yang elok madani, aman, dan sejahtera dengan terus mendengungkan Al quran sebagai pegangan,”ujar Harnojoyo.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga melaunching program Subuh Berjamaah di seluruh masjid di Kota Palembang.

Harnojoyo berpesan kepada seluruh masyarakat untuk terus memakmurkan masjid. Karena dengan Shalat Subuh sebelum memulai hari, niscaya masyarakat dapat meraih kesuksesan dunia maupun akhirat.  “Everyday Success With Subuh,” tegasnya

Sementara iti Kabag Kesra, sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Reza Pahlevi mengungkapkan, kegiatan ini juga dilakukan sebagai wujud syukur atas prestasi qori-qoriah kota Palembang yang setiap tahunnya menjadi langganan juara di gelaran MTQ tingkat Provinsi.

Karena itu, acara pertama kali dan terbesar yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk maju. Termasuk untuk mendukung pembangunan yang kini tengah akan berjalan.

“Acara ini digagas oleh pemimpin Kota Palembang untuk masyarakat. Untuk lebih mencintai dan menjadikan kecintaan terhadap ayat suci ini sebagai nafas dalam sendi kehidupan,” katanya.

Sejumlah pujian menghinggapi acara ini, salah satunya dari KH Kgs Nawawi Dencik Al Hafiz yang membuka tausiah tadi malam. Sepanjang pengalamannya, ini merupakan acara terbesar yang digagas oleh pemerintah mendukung kecintaan masyarakat terhadap Alquran.

“Malam ini, Juara 1 tingkat internasional, tingkat nasional, provinsi, kota dan kabupaten hadir untuk pecah rekor muri. Dikumpulkan di satu tempat sebagai wujud kecintaan kita terhadap Alquran,” katanya.

Tausiah menghibur juga dibawakan oleh Ust Ahmad Taufiq Hasnuri yang mengajak masyarakat, khususnya pemimpin untuk mau memulai mencintai Alquran. Dengan bekal memimpin keluarga sebagai satuan terkecil niscaya juga mampu memimpin lingkungan yang besar.

Sebagai penutup ribuan pengunjung pun ikut bernyanyi dengan salah satu ikon remaja Fathin Shidqia Lubis, jebolan ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta.korankito.com/ria