Puluhan Siswa SMKN 2 Ikuti Pelatihan Otomotif

PELATIHAN OTOMOTIF: Siswa TSM SMKN 2 Palembang praktik ganti oli kendaraan roda dua menggunakan alat bantuan Pertamina, Jumat (10/3). Foto/Eja

Palembang – Puluhan siswa jurusan teknik sepeda motor (TSM) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Palembang ikuti pelatihan Siswa Terampil Mekanik yang digelar Pertamina Retail, Jumat (10/3).

Ast Man Communication Pertamina Retail Yoesoef Alfredo S. mengatakan, program ini merupakan hasil dari kerjasama pihaknya dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menggelar pelatihan dan keterampilan untuk siswa jurusan TSM di beberapa SMK se-Sumsel dengan tujuan menambah bekal keterampilan mereka. “Program ini diharapkan memberikan manfaat bagi siswa SMK, khususnya jurusan otomotif agar menjadi bekal tambahan mereka untuk terjun ke dunia kerja sebagai mekanik atau bahkan pemilik bengkel,” terang Bang Edo — sapaan hangat Ast. Man Communication ini — seusai pelatihan di bengkel TSM SMKN 2 Palembang, Jum’at (10/03).

Dikatakannya, pelatihan ini telah diselenggarakan untuk yang ke-27 kalinya di berbagai SMK negeri dan swasta di Sumsel, sedangkan untuk Palembang di tahun ini ada dua SMK yakni SMKN 2 dan SMKN 4. “Program ini dilakukan di dua sekolah di kabupaten/kota di Sumsel. Tahun lalu untuk Palembang kita sudah memberikan pelatihan di SMKN Sumsel dan SMK Gajah Mada Palembang,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Sumsel Erlina menerangkan,

SMK tanpa sarana dan prasarana akan sulit untuk pembelajaran praktik, maka dari itu pihaknya menyambut baik adanya kerja sama dari pihak ketiga untuk meningkatkan mutu peserta didik. “Kita harapkan program ini akan terus berlanjut tiap tahunnya. Kami berterima kasih kepada pihak Pertamina karena sudah memberikan bantuan dan pelatihan kepada siswa SMK,” ucapnya. (korankito.com/eja)