Bisa Dipercaya

Tawarkan ‘Dada dan Paha’, Diskominfo Akan Layangkan Surat

Lubuklinggau – Masyarakat Kota Lubuklinggau mengeluhkan maraknya Short Message Service (SMS) atau pesan singkat broadcast operator, yang menawarkan dada dan paha ayam salah satu perusahaan ini, hampir 3 kali dalam satu hari.

Perusahaan penjual dada dan paha ayam ini menggunakan jasa layanan salah satu operator tekemuka di Indonesia. Sehingga, para pengguna operator tersebut setiap hari mendapat sms penawaran dada dan paha ayam.

Berita Sejenis

Polsek SU II Palembang Ringkus 10 Preman

Dijambret, Mahasiswi Kehilangan Ponsel

Mangkir Latihan, Nasib Bio Diserahkan Kepelatih

1 daripada 3.095

Masyarakat Kota Lubuklinggau merasa terganggu dengan adanya sms  penawaran dari operator tersebut, karena terlalu sering bahkan tengah malam.

“Hampir setiap hari ada sms dada dan paha ayam itu, bahkan sehari itu bisa tiga kali kita dapat sms seperti itu, sangat menganggu karena terlalu sering,” ungkap Yayan, salah seorang warga di Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Selain itu, dirinya juga merasa terganggu karena sms tersebut menganggu waktu istirahat, dan menganggu pekerjaan. “Kadang sedang rapat, sedang istirahat malam, tiba-tiba hp bunyi. Kirain sms penting, pas dibuka ternyata hanya sms tawaran paha dan dada ayam,”keluhnya.

Menanggapi banyaknya keluhan warga, Kepala Diskominfo Lubuklinggau, Erwin Armeidi, melalui Kasi pengawasan dan pengendalian opini publik, Efri Rafik Suraztian saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan masyarakat yang mengeluhkan sms tersebut.

“Sudah banyak laporan masyarakat yang masuk. Kami akan segera melayangkan surat teguran ke pihak perusahaan ayam dan operator seluler untuk meminta agar sms tersebut dihentikan,” tegasnya.

Dia juga menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi jika surat teguran tidak diindahkan, karena pemerintah berhak menindak dengan adanya keluhan masyarakat yang terganggu dengan sms tersebut.

Dijelaskan Efi,‎berdasarkan Permen Kominfo nomor 01/per/m.kominfo/01/2009 tentang penyelenggaraan jasa pesan premium dan pengirman jasa pesan singkat ke banyak tujuan (broadcast) pasal ‎18 mengatur pengirim jasa sms ke banyak tujuan wajib menyediakan fasiltas kepada penerima pesan untuk menolak pengiriman pesan berikutnya.

Kemudian ditegaskan di pasal 19 setelah penerima pesan menolak pengiriman sms berikutnya, pengirim sms broadcast dilarang. “Sanksinya sesuai pasal 20 ayat 1 dikenakan sanksi adminitrasi dan sanksi pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,misal cabut izinnya,” pungkasnya. (korankito.com/dhia)