Sumsel Sabet Emas Semata Wayang di Kejurnas Atletik

Palembang – Meski hanya mengutus satu atlet, namun Sumsel berhasil menyabet medali emas dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) cabang olahraga (Cabor) atletik bertajuk Jatim Open 2017 di Surabaya, 3 – 5 Maret lalu.

Emas semata wayang tersebut dipersembahkan oleh Rio Maholtra yang turun di nomor 110 M lari gawang. Sedangkan tiga atlet lain yang direncanakan ikut seperti Deker Ariandes, Marwan, dan Sri Maya, batal mengikuti Kejurnas tersebut.

Sekretaris Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumsel Zulpaini M. Ropi mengatakan, perjuangan Rio selama di Kejurnas, didampingi pelatih senior Kadir Sani. “Empat atlet lain tidak ikut karena tidak dapat rekomendasi KONI,” katanya, Selasa (7/3).

Lanjutnya, empat atlet lain sebenarnya bisa meraih medali emas. Akan tetapi, faktor teknis belum mengizinkan mereka ikut. “Tapi kami sudah puas dapat satu medali emas dari Rio,” ujarnya.

Ia mengatakan, kejurnas ini salah satu tolak ukur atlet untuk tampil di Sea Games 2017 di Kuala Lumpur akhir tahun nanti. Jika meraih medali, bisa proyeksi pelatnas.

“Rio memang sudah lama ikut pelatnas dan diproyeksikan tampil di Sea Games. Sedangkan dikejurnas, ia sudah cukup memuaskan,” paparnya.

Ia menambahkan, ada banyak atlet Sumsel yang punya peluang meraih medali. Namun, Koni Sumsel belum bisa berangkatkan semuanya. “Ini juga demi jam terbang mereka. Kalau tidak ada jam terbang ditingkat nasional, atlet bisa jalan ditempat,” tutupnya. (korankito.com/Resha)