Minim Fasilitas , Pasar Pulo EMASS Belum Difungsikan

Gedung pasar rakyat di Kawasan Pulo EMASS Tebing Tinggi, sudah ditumbuhi semak belukar dan terkesan terbengkalai. Foto/rodi

Empat Lawang – Gedung Pasar Rakyat di Pulo EMASS Kecamatan Tebing Tinggi, sudah lama selesai dibangun. Dengan anggaran dari APBN, pembangunan gedung ini menghabiskan dana Rp 4,7 Milyar lebih. Namun sangat disayangkan, gedung tersebut belum bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Empat Lawang Rudianto menyatakan, setidaknya ada tiga penyebab utama yang menjadi penghalang belum dimanfaatkannya gedung pasar rakyat tersebut.

“Akses jalan ke lokasi baru pengerasan, bahkan ada yang masih tanah,” ungkap Rudianto.

Ia menambahkan, fasilitas air bersih pun sama sekali belum ada. Padahal, ketersediannya air bersih merupakan suatu kewajiban dalam operasional pasar rakyat dimaksud.

“Selain itu, jaringan listrik pun belum ada. Tiga kebutuhan ini wajib terpenuhi, agar bisa mengoperasikan gedung pasar rakyat itu,” imbuhnya.

Pria yang baru saja menjabat Kadisperindag ini menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan ke instansi terkait untuk pemasangan jaringan listrik menuju kawasan pasar rakyat di Pulo EMASS Tebing Tinggi.

“Sudah beberapa kali kami usulkan, namun belum ada realisasinya. Sedangkan untuk akses jalan, informasinya tahun ini akan segera diaspal,” jelasnya.

Masih menurut Rudianto, proses relokasi pedagang di pasar Tebing Tinggi ke pasar rakyat di kawasan Pulo Emass, bukanlah perkara sepele. Perlu keseriusan dari berbagai pihak, termasuk pedagang itu sendiri.

“Yang jelas, jika semua sarana dan fasilitas pendukungnya sudah siap, relokasi pedagang akan segera dilakukan. Mudah-mudahan tahun ini bisa terlaksana,” tegasnya.

Untuk diketahui, rencana Pemkab Empat Lawang membangun kawasan pasar rakyat di Pulo Emass, merupakan salah satu upaya penertiban pedagang yang ada di sepanjang pasar Tebing Tinggi. Sebab, keberadaan pedagang di pinggir jalan, menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan. (korankito.com/rodi)