Warga Keluhkan Jalan Lingkar Pasar Bayung Lencir

RUSAK – Seorang warga saat melintas di jalan lingkar pasar Bayung Lincir, Muba yang kondisinya rusak parah.

Muba – Jalan lingkar pasar  Kecamatan Bayung Lencir  Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) butuh perbaikan. Jalan yang menjadi satu-satunya akses bagi masyarakat menuju pasar kondisinya seperti kubangan kerbau.

Dari pantauan di lapangan, jalan tersebut tidak ada lagi yang bagus. Kubangan air memenuhi disepanjang jalan. Menurut Supri ( 35) warga RT 03 RW 01 saat diwawancarai mengatakan, jalan lingkar ini merupakan satu-satunya akses bagi masyarakat menuju pasar Bayung Lencir. Jalan ini pun menjadi akses bagi warga yang berasal  dari Desa Muara Bahar dan Desa Lubuk Harjo yang akan berbelanja dan membawa hasil pertaniannya.

“Karena jalan lingkar ini rusak , masyarakat merasa terganggu saat melintas di jalan itu. Kondisinya seperti kubangan kerbau, bahkan lubang yang ada berdiameter 50 cm sampai 100 cm dan ditambah genangan air sehingga terlihat seperti danau.  Kalau lewat harus lebih berhati-hati, kalau tidak kendaran akan terbalik,” ujarnya.

Jalan lingkar pasar ini, diungkapkan Supri, selain sebagai akses bagi masyarakat, juga menjadi akses bagi truk-truk perusahan perkebunan kelapa sawit. Truk-truk itu seringkali melintas dengan muatan yang melebihi tonase. “Selama ini tidak ada pengawasan dari pemerintah, sehingga truk-truk itu dengan bebas melintas,” ungkapnya.

Sementara itu,  Edi Suwardi ( 45), ketua RT 03 mengungkapkan, jalan lingkar yang merupakan jalan poros menuju ke pasar itu cepat rusak, bukan hanya sering dilintasi truk perusahaan, tetapi juga disebabkan tidak adanya saluran air.

“Tidak adanya paret atau saluran pembuangan air, kalau musim hujan seperti sekarang ini air mengenangi badan. Saya selaku ketua RT, lelah mengusulkan pada pihak kelurahan Bayung Lencir, agar jalan ini dapat diperbaiki,” ujarnya.

Menurut Edi,  jalan poros yang dibangun sejak tahun  2008, belum pernah dilakukan perbaikan oleh pemerintah. Padahal jalan yang menjadi satu-satunya akses bagi masyarakat itu dapat dilakukan perbaikan.

“Jalan ini sepertinya dibiarkan rusak. Seharusnya sudah selayaknya dibangun lagi, sehingga apa yang menjadi keluhan warga  bisa ditanggapi”, bebernya.

Menanggapi hal ini, Camat Bayung Lencir Alamsyah  Rianda  MH,  melalui Lurah Bayung Lencir H Jauhari saat dikonfirmasi mengatakan, perbaikan jalan lingkar poros pasar yang rusak pada RT 10, RT 08, RT 06 dan RT 03 sudah diusulkan pihaknya dalam kegiatan Musrembang.

“Kemungkinan pada tahun 2017 ini melalui proyek APBD Muba akan dilakukan perbaikan. Panjang jalan lingkar pasar ini sudah diusulkan akan diperbaiki sepanjang 700 m. Semoga dapat terealisasi, sehingga warga yang akan ke pasar tidak lagi terhambat akibat jalan rusak,” pungkasnya. (korankito.com/cr4)