Pemkot Wacanakan Bangun Gedung Pelayanan Publik

Sekda Palembang Harobin M

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berupaya meningkatkan pelayanan publik. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi keluhan mengenai sistem pelayanan publik di Kota Palembang. Salah satu yang akan dilakukan yakni dengan membangung satu lagi gedung pelayanan publik.

“Kita akan tingkatkan dulu setelah itu secara bertahap baru kita dapat membangun satu gedung, dalam satu gedung tersebut masyarakat dapat mengurus administrasi dan izin,”Kata Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Harobin Musatafa, Minggu (5/3)

Ia menjelaskan, pelayanan publik Pemkot Palembang yang selama ini dilakukan masih bernilai akuntabilitas B. Sedangkan yang diharapkan pemerintah pusat pelayanan sudah akuntabilitas A, meski begitu secara berharap akan terus diperbaiki.

”Seperti DPM PTSP kita sudah baik, pelayanan rumah sakit juga sudah baik begitu juga Disdukcapil juga sudah baik, sehingga dengan begitu pelayanan akan semakin baik dan mudah,” jelasnya.

Menurutnya bisa saja nantinya akan ada satu gedung yang mengurusi seluruh pelayanan publik, sehingga dengan itu akan memudahkan masyarakat dalam mengurus seluruh izin. Dimana nantinya dalam satu gedung akan diisi oleh seluruh Organgisasi Perangkat Daerah (OPD) yang selam ini berkaitan lagsung dengan masyarakat.

Sementara itu Walikota Palembang, Harnojoyo menjelaskan apa yang diintruksikan Menpan RB akan dilaksanakan, namun sekarang ini program tersebut dapat direalisasikan secara bertahap yang terpenting pelayanan-pelayanan publik tidak lagi dikeluhkan, dengan baiknya akan terus ditingkatan.

Sebelumnya, Menpan RB Asman Abnur mengatakan, reformasi birokrasi salah satu program prioritas yang dicanangkan pemerintah pusat,sehingga seluruh pelayan akan semakin baik, salah satunya dengan membuat pelayan di dalam mall.

“Sengan adanya pelayan di mall akan memudahkan masyarakat dalam mengurus KTP, izin dan sebagainya sehingga pelayan semakin mudah dan baik, karena pelayan kita sekarang ini masih kurang baik dibandingkan dengan negara lain,”kata Asman. (korankito.com/ria)