Kesiapan Palembang Dapat Penilaian Baik

Palembang – Ketua Komite Dewan Olimpiade Asia (OCA) Tsunekazu Takeda menilai kesiapan Palembang sebagai penyelenggara Asian Games XVIII/2018 terbilang mumpuni. Ini dilontarkan setelah 60 orang delegasi Olympic Council of Asia (OCA) memantau secara langsung Kompleks Olahraga Jakabaring Palembang, Minggu (5/3).

“Sejauh ini kami puas dengan kesiapan Palembang. Di sini atmosfer penyelenggara Asian Games sudah sangat terasa,” kata dia dalam konfrensi pers usai pertemuan dengan panitia Asian Games Indonesia Inasgoc di Griya Agung.

Ia mengatakan sejauh ini Palembang mampu menunjukkan keseriusannya sebagai tuan rumah Asian Games yang bakal diikuti 45 negara di Asia itu. Bahkan setelah melihat langsung, Takeda berpesan agar Sumsel dalam mempersiapkan diri tetap mempertimbangkan unsur kualitas dan efisiensi.

Apalagi pembagian cabang olahraga akan diketok palu pada Coordination Committe Meeting (Corcom) ke-6 di Jakarta, Senin (6/3), yang artinya Sumsel tidak perlu lagi dipusingkan upaya untuk membidik cabang olahraga tambahan.

Kota Palembang akan diputuskan menggelar sepuluh cabang olahraga yakni sepak bola, basket, tenis, soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, dan panjat tebing.

“Jadi Palembang dapat 10 cabang olahraga, sementara Jakarta dapat 32 cabang olahraga atau 78 persen. Tapi patut dicatat ada juga babak penyisihan sepak bola di Bandung, dan paragliding di Bogor,” kata dia.

Saat ini di Palembang sedang dilakukan pembangunan dan perenovasian arena yakni Stadion Menembak berupa pembangunan arena skeet dan trap, Arena Dayung berupa perluasan danau buatan, Arena Boling sedang dilakukan pembangunan baru, Stadion Tenis yakni penambahan lapangan. (korankito.com/resha)