Blanko e-KTP Kosong, Disdukcapil Siapkan Suket

Blanko E-KTP kosong, Disducapil Kota Palembang harus menerbitkan Suket (surat keterangan). Foto/net

Palembang – Tidak adanya ketersediaan blanko pencetakan e-KTP dari pusat menyebabkan hampir empat bulan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang tak dapat menerbitkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP).

Kepala Disdukcapil Kota Palembang Ali Subri mengakui masih ada ribuan warga yang belum bisa melakukan pencetakan e-KTP ini. Untuk sementara waktu Disdukcapil kota Palembang membuat surat keterangan (Suket) yang merupakan pengganti.

Hanya saja surat keerangan sementara ini tidak bisa dipergunakan untuk jangka waktu yang lama. “Fungsinya hanya sekitar enam bulan saja, setelah itu dapat diperpanjang,” ujarnya.

Menurut Ali, setidaknya, selama kurun waktu Januari dan Februari 2017 Disdukcapil Kota Palembang telah mengeluarkan 5.280 Suket. Rinciannya, pada bulan Januari 2.215 Suket, Februari 2.659 Suket, serta Maret untuk sementara ini sekitar 406 Suket.

“Untuk sementara waktu warga Palembang yang hendak membuat e-KTP masih kita berikan Suket ini,” terangnya.

Ali menjelaskan, meskipun awalnya blangko e-KTP sudah tersedia pada bulan Maret ini. Namun, karena gagalnya tahap pelelangan dari pusat, sehingga blangko ini belum bisa didistribusikan.

“Yang pasti di atas bulan tiga ini baru bisa didistribusikan blangkonya. Kita masih tunggu lelang tendernya dari pusat,” katanya.‎

Tak banyak persyaratan administrasi bagi masyarakat yang hendak mendapatkan surat keterangan ini. Masyarakat hanya perlu membawa foto kopi kartu keluarga serta pas foto berukuran 3×4 berwarna.

“Kalau bisa latarnya disesuaikan dengan tahun lahir. Kalau genap ya biru, dan kalau ganjil ya merah,” tukasnya. (korankito.com/ria)