Bisa Dipercaya

Membangun Integritas Merupakan Tahap Awal Pemberantasan Korupsi

Pelaksana Tugas Sekretaris (Plt) Daerah provinsi Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa. Foto/hms

Palembang-  Pelaksana Tugas Sekretaris (Plt)  Daerah provinsi Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa menutup langsung Workshop Kolaborasi Tunas Integritas Nasional tingkat pertama tahun 2017 di Kota Palembang, Di Hotel Arya Duta Jum’at (03/03), Workshop di skors dan akan dilanjutkan di Papua Agustus mendatang.

Workshop mengangkat tema “Akselerasi Pembangunan Budaya Integritas Melalui Kebijakan SDM, Manajemen Risiko Dengan Dukungan Teknologi Secara Gotong Royong”.

Dalam kata sambutanya Joko Imam Sentosa mengatakan, korupsi merupakan kejahatan luar biasa, bukan lagi sekedar prilaku kejahatan akan tetapi sudah menjadi kejahatan moral, ahlak dan praktek tradisi yang bekerlanjutan, dengan demikian pemberantasan korupsi memerlukan pendekatan yang komprehensif melalui pendekatan moral, psikologi dan sosiologi.

Lanjut Joko, keberhasilan reformasi birokrasi sangat dipengaruhi oleh perubahan pola pikir, budaya kerja dan komitmen serta dukungan pimpinan unit kerja sebagai contoh model dalam menumbuh kembangkan dalam perubahan dan menciptakan perubahan birokrasi pemerintahan yang berintergritas dan bebas Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN).

“Terselenggaranya workhsop integritas nasional ini diharapkan menjadi motivasi pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan untuk berperan serta membangun integritas bagi aparaturnya,” harapnya

Dikatakan Joko, untuk memberantas korupsi harus dimulai dari individu masing-masing, oleh karena itu program pembangunan integritas menjadi tahap awal pencegahan korupsi, program pembinaan integritas dapat dijadikan tahapan awal dalam membangun masyarakat serta bertujuan memberikan kebaikan bagi banyak orang.

“Pemprov Sumsel akan terus mendorong seluruh kegiatan yang dimana konteksnya ditujukan untuk perkembangan masyarakat Sumsel,” ujarnya

Sementara pimpinan KPK yang diwakilkan oleh Asep Hairulah mengucapkan terimakasih banyak dan sampai jumpa di workshop integritas nasional di Papua nanti.

“membangun budaya itu panjang tidak sesaat, jadi kolaborasi diharuskan tetap terjaga, sehingga menjadi budaya integritas,” tutupnya

Dalam kesempatan ini juga Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs. H. Harobin Mastopa, menambahkan Kota Pembang bersyukur telah ditunjuk sebagai tuan rumah workshop kolaborasi tunas integritas Nasional, sebagai tuan rumah tentu akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai kemampuan, tentunya juga workshop ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari peserta integritas.

“Dengan keyakinan kerja sama dan konstisten bisa kita lalui dengan baik, dan semakin banyak pekerjaan kalau dikerjakan bersama-sama pasti mencapai tujuan yang diharapkan,” katanya

“Saya yakin banyak pengalaman hal-hal baru yang didapat dari workshop ini, dan juga saya berharap di Papua nanti akan bisa lebih baik dari Palembang,” tutupnya mengakhiri kata sambutan. (korankito.com/hms/***)