9 Cara Jitu Deteksi Adanya Cacing Dalam Perut Kita

Ilustrasi/cacingan.org

Cacingan menjadi salah satu jenis penyakit pencernaan yang populer di Indonesia. Adanya cacing di dalam usus akan menyerap nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. Sehingga tak jarang penderita cacingan akan memiliki bentuk tubuh yang kurus namun perutnya membesar.

Cacingan tidak hanya menyerang anak-anak tapi orang dewasa juga dapat terkena penyakit yang satu ini.
Kita harus waspada dan memahami gejala-gejalanya agar bisa dilakukan pengobatan dan bisa terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius.

berikut adalah beberapa tanda bahwa cacing tinggal di perutmu.

1.Nyeri di Perut
Cacingan bisa juga ditandai ketika Anda merasakan ada sesuatu yang salah di perut, yakni rasa nyeri karena nyeri tersebut disebabkan oleh adanya cacing-cacing yang berada di dalam saluran pencernaan. Mereka akan memakan sari-sari makanan di dalam perut Anda sehingga nyeri itu muncul..

2.Cacingan seringkali membuatmu ngidam makanan tertentu atau bahkan berkurangnya nafsu makan tanpa alasan medis yang jelas.

3.Kamu sering mengalami insomnia, depresi, dan mudah cemas tanpa alasan atau penyebab.

4.Dalam beberapa kasus, cacingan membuat tubuh mudah nyeri termasuk nyeri otot atau nyeri sendi.

5. Kamu sering mengalami masalah kulit yang berhubungan dengan eksim, gatal-gatal, dan ruam.

6. Kamu mengalami gejala anemia atau kekurangan darah sebab cacing di dalam perut akan memakan sel-sel darah merah sehat.

7.Terakhir, kamu sering muntah dan mengeluarkan kotoran yang berdarah.

8.Batuk Tak Kunjung Sembuh
Apabila mendengar adanya kondisi cacingan, maka yang ada di benak kita adalah cacing yang hidup di dalam perut, padahal tak selalu demikian. Ada kalanya ciri orang yang cacingan bisa mengalami batuk-batuk yang terlalu lama sembuhnya, mirip dengan adanya gangguan paru-paru. Benar saja, sejumlah jenis cacing ternyata bisa hidup dengan baik di dalam paru-paru yang akan membuat si penderita batuk-batuk berkepanjangan yang sulit sembuh.

9.Ruam
Bagi anak-anak yang menderita cacingan, ciri-ciri yang bakal ditunjukkan salah satunya adalah ruam yang menonjol di mana biasanya dialami oleh anak. Anak bisa diduga menderita cacingan apabila timbul ruam yang tak biasa serta ketidaknyamanan yang akibat gatal. Jika sudah muncul kondisi seperti ini, jangan ragu untuk segera memeriksakan ke dokter.

Nah. Jika anda mengalami seperti gejala gejala yang kami sampaikan diatas,  ada baiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter. Semoga bermanfaat! (korankito.com/berbagaisumber/***)