4 Manfaat Oncom Untuk Kesehatan

Ilustrasi/ist

Oncom adalah makanan asal Indonesia yang cukup populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang mirip dengan pengolahan terhadap tempe Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora.

Hasil olahan masakan berbahan oncom sudah cukup dikenal masyarakat diseluruh penjuru tanah air.

Nah berikut kami uraikan beberapa manfaat oncom untuk kesehatan:

1.Mengkonsumsi oncom dapat mencegah perut kembung.

2.Sumber gizi dan energi bagi tubuh
Manfaat oncom memiliki kandungan gizi seperti karbohidrat dan protein dalam jumlah yang tinggi. Hal itu tentu saja sangat baik bagi tubuh, menjadikannya sebagai alternatif sumber asupan gizi dan juga sumber energi bagi tubuh. Selain itu kandungan gizi pada oncom juga baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh pada janin.

3.Menjaga sistem pencernaan
Manfaat oncom ini, sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, karena rafinosa dan stakhiosa sangat berperan atas gejala flatulensi yang muncul bila seseorang mengonsumsi kedelai maupun kacang tanah.

4.Mengurangi kolesterol
Para peneliti memeriksa efisiensi oncom dalam efisiensinya untuk mengurangi kadar kolesterol pada tubuh.

Namun yang perlu diingat adalah, oncom segar hanya mampu bertahan selama 1 hingga 2 hari saja pada suhu ruang. Selanjutnya oncom akan mengalami kerusakan yang disebakan oleh terdegradasinya  protein dalam oncom oleh enzim proteolitik sehingga terbentuk ammonia yang menyebabkan oncom tidak layak konsumsi.

Dari uraian diatas, maka kita menjadi tahu bahwa produk makanan hasil fermentasi secara tradisional pun ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi produk makanan tradisional ini. (korankito.com/berbagaisumber/***)